Februari

23

 2022

Bupati Yes Dorong Dekopinda Bangun Digitalisasi Koperasi


Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Lamongan menggelar rapat kerja pertama pada kepengurusan yang baru dengan mengusung tema "Membangun Sinergitas Gerakan Koperasi di Kabupaten Lamongan Menuju Digitalisasi Koperasi".

Ketua Dekopin wilayah Jawa Timur Slamet Susanto di Pendopo Lokatantra, Rabu (23/2) mengatakan bahwa implementasikan digitalisasi pada koperasi merupakan suatu kebutuhan karena pelaku koperasi selanjutnya akan didominasi oleh generasi Z yang akrab dengan teknologi dan memiliki pola pikir yang cepat.

"Teknologi merupakan kehidupan dan bukan melihat dari segi usia atau mampu tidak mampu. Melainkan urusan mampu menjawab tantangan, maka koperasi memiliki kewajiban melakukan kaderisasi," tuturnya saat memberikan sambutan.

Selain regenerasi digitalisasi, Slamet Susanto juga memaparkan tiga hal yang harus dihadapi pelaku koperasi agar mencapai kinerja yang baik, meliputi teknologi, regulasi, dan kompetisi.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang berkesempatan hadir dan membuka rapat kerja Dekopinda Lamongan yang pertama pada kepengurusan baru mengatakan bahwa Dekopinda merupakan mitra strategis bagi Pemerintah Kabupaten. 

Sebagai wadah yang menaungi 1.300 koperasi aktif dan sehat di daerah Lamongan, Dekopinda harus bergotong royong mencapai kinerja yang akuntabel. Digitalisasi koperasi sangat efektif menunjang tugas-tugas pelaku koperasi.

"Digitalisasi merupakan sebuah keniscayaan pada lembaga apapun. Adanya digitalisasi sangat berpengaruh dalam kerja koperasi, seperti saat melakukan pembukuan. Dengan digitalisasi kita tidak perlu melakukannya secara manual dengan tangan dan kinerjanya sudah pasti akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan," tutur Pak Yes.

Pak Yes juga berharap agar Dekopinda dapat memberikan fasilitas kepada koperasi yang dinaungi serta pengembangan sumber daya manusia didalamnya.

Sementara itu Ketua Dekopinda Lamongan Siswo sepakat dengan Bupati Lamongan dalam mengembangkan koperasi dengan mengajak, bangkit bersama, serta meningkatkan fungsi koperasi daerah Lamongan.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES