Berita Terbaru

Pak Yes Minta HIPMI Tangkap Potensi Lamongan

Dinas Komunikasi dan Informatika 22 Juni 2024

Menjadi bagian dari Gerbangkertosusila (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan) sekaligus memiliki letak geografis yang strategis, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meminta Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Lamongan menangkap potensi-potensi daerah untuk dikembangkan dibidang bisnis atau usaha.“Saya mempunyai harapan besar HIPMI menangkap potensi-potensi masa depan yang luar biasa di Kabupaten Lamongan untuk terus dikembangkan, dikelola, dimaintenance sebaik-baiknya, sehingga potensi-potensi yang dikelola dengan baik bisa membawa Lamongan yang berjaya dan lebih baik,” kata Pak Yes sapaan Bupati Lamongan saat menghadiri pelantikan Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Lamongan periode 2024-2027 di Command Center Lantai 3 Pemkab Lamongan, Sabtu (22/6/2024).Pak Yes menjelaskan, Lamongan sebagai lumbung pangan nasional memiliki potensi besar dibidang pertanian. Terlebih, 35% PDRB Lamongan berasal dari sektor pertanian yang didalamnya memuat perikanan, perkebunan, dan agrobisnis. Hal itu menjadi keyakinan tersendiri bagi Bupati Lamongan untuk memajukan Kabupaten Lamongan melalui bisnis pertanian. Sebab, setiap tahun produktifitas beras di Kabuapten Lamongan mampu mencapai 1,05 juta ton. Tidak hanya itu, produktifitas jagung mencapai 350 ribu ton per tahun, produktifitas ikan budidaya dan ikan tangkap 600 ribu ton per tahun, maupun potensi-potensi lainnya seperti sorgum. “Potensi inilah yang sesungguhnya sangat terbuka sekali untuk peluang kita ke depan dalam mengelola Kabupaten Lamongan ini, dengan segala potensinya kita (Pemkab Lamongan) sangat terbuka sekali untuk sektor industri agrobisnis, industri maritim, dan juga industri kreatif,” imbuh Pak Yes.Lebih lanjut, Pak Yes mengatakan ekosistem dunia usaha di Lamongan sudah berjalan dengan baik, sehingga HIPMI sebagai wadah dan wajah pelaku usaha mampu menangkap inspirasi dan tempat berproses anak-anak Lamongan. Ketua Umum BPC HIPMI Lamongan, Aindra Imawan berkomitmen akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan dan stekholder, untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.Aindra juga menekankan kepada anggotanya yang baru saja dilantik untuk membangun relasi sekaligus tanggap akan perkembangan zaman. “Teknologi yang begitu pesat kita sebagai pengusaha, sebagai pelaku usaha tentunya harus lebih aware, adaptif, kreatif menghadapi tantangan-tantangan digital. Kita bisa melihat peluang-peluang apa yang bisa kita ambil dan kembangkan di Kabupaten Lamongan dan memang potensinya yang luar biasa PR kita adalah bagaimana bisa memanfaatkannya. Karena HIPMI ini bukan untuk kepentingan pribadi tapi ini untuk kepentingan bersama,” papar Aindra usai dilantik.

Bupati Lamongan Pastikan Pentasharufan Bansos dan Banpang di Lamongan Sesuai Sasaran

Dinas Komunikasi dan Informatika 21 Juni 2024

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi pastikan pentasharufan bantuan program unggulan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), yakni 1 desa 5 mustahik dan bantuan pangan (Banpang) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Perum Bulog sesuai sasaran.Hal tersebut disampaikan saat menyerahkan secara langsung dua jenis bansos tersebut di Desa Botoputih, Desa Kedungkumpul, dan Desa Tanjung, Jumat (21/6) pagi ini."Saya selalu hadir dalam penyerahan bantuan dari Baznas hingga bantuan pangan, yangmana tujuannya memastikan bantuan tersebut sampai ke tangan masyarakat dan tepat sasaran," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes.Program unggulan Basnaz Kabupaten Lamongan akan disalurkan berupa uang tunai sebesar 500 ribu rupiah. Yangmana akan disalurkan secara rutin setiap satu semester sekali.Disampaikan oleh Ketua Baznas Kabupaten Lamongan yaitu Bambang Eko Muljono, pentasarufan semester pertama di tahun 2024 akan tuntas di akhir bulan Juni. "Program 1 desa 5 mustahik akan menjangkau 474 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Lamongan atau 2.370 mustahik. Kami targetkan akhir bulan ini tuntas," kata Bambang.Diungkap oleh Bambang, hingga hari ini tercatat Baznas Kabupaten Lamongan sudah menyalurkan ke 154 desa di 9 Kecamatan. Sedangkan untuk menjamin tepatnya sasaran, Baznas Kabupaten Lamongan bekerja sama dengan pemerintah desa terkait data mustahik.Begitupun dengan bantuan pangan, data penerima merupakan hasil seleksi langsung dari pemerintah pusat, menggunakan sumber data Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE)"Bantuan pangan selama enam bulan berturut-turut ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap I disalurkan pada bulan Januari dan tahap II pada bulan Mei. Dua tahap tersebut ada perbedaan penerima, yakni sebanyak 1,6% dari 97.771 keluarga penerima manfaat di Lamongan. Tujuannya ialah memastikan bantuan tepat sasaran," jelas Perwakilan Perum Bulog Bojonegoro Lamongan Lukman Hakim.Bantuan pangan berupa paket beras 10 Kg ini ditujukan untuk menghadapi musim kemarau berkepanjangan atau El Nino. Selain itu juga menjaga persediaan ketahanan pangan masyarakat Lamongan. Terlebih anomali iklim saat ini berpotensi menyebabkan gagal panen dan lainnya.Pagi ini bantuan pangan berhasil diterima oleh 99 masyarakat Kedungkumpul, 89 masyarakat Tanjung, dan 204 masyarakat Botoputih. Selama enam bulan, terhitung sebanyak 5.866.260 kg beras berhasil disalurkan ke masyarakat untuk ketahanan pangan.

Basketball Competition Bupati Cup Sukses Digelar

Dinas Komunikasi dan Informatika 21 Juni 2024

Basketball Competition 2024 piala Bupati Cup tingkat SMP SMA sukses digelar. Berlangsung selama 10 hari di Gedung Sport Center turnamen bola basket tersebut telah melahirkan atlet-atlet berbakat Lamongan. “Selamat dan sukses anak-anak yang telah mendapatkan juara dan yang belum mendapatkan tetap semangat masih ada kesempatan yang lain dalam kejuaran kejuaran yang akan datang,” tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menutup turnamen basketball, Kamis (20/6/2024).Diikuti sebanyak 44 tim dari jenjang SMA 28 tim (14 tim putra dan 14 tim putri), dan jenjang SMP 16 tim( 6 tim putra dan 10 tim putri).Pertandingan yang telah bergulir sejak 11 Juni hingga 20 Juni ini menjadikan SMAN Paciran sebagai juara bertahan kategori SMA Putra usai mengalahkan SMAN 1 Lamongan. Posisi tersebut menghantarkan SMAN 1 Lamongan sebagai juara 2, disusul SMAN 1 Babat sebagai juara 3 usai adu dengan MA Al Ishlah Paciran. Aksi serupa dalam kategori SMA Putri, bolak-balik para pemain tersandung dan bangkit untuk merebutkan gelar juara antara SMKN 1 Lamongan dengan SMAN 1 Lamongan. Dalam empat kuartar SMKN 1 Lamongan menorehkan prestasi sebagai juara 1, diikuti SMAN 1 Lamongan, MA Marif 4 Solokuro, dan SMK Tarshib Paciran.Sedangkan dijenjang SMP tidak kalah serunya dibabak final ini para pemain terus membuat tegang para penonton berharap almamaternya menyandang gelar juara. Usai melalui pertandingan yang panjang dikategori SMP Putra diperoleh juara pertama yakni SMPN 1 Lamongan, dilanjutkan SMPN 2 Lamongan, dan SMP Muhammadiah 12 paciran. Sementara, pada kategori SMP Putri, SMPN 1 Lamongan menjadi juara 1, disusul SMPN 3 Lamongan, SMPN 2 Lamongan, dan SMPN 3 Sugio. Melihat anemo pelajar Lamongan baik pemain maupun supporter dalam menggelorakan pertandingan bola basket, Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan bertekat terus menyemarakan pertandingan bola basket Lamongan melalui berbagai kompetisi. “Kita akan terus semarakan, memeriahkan bola basket, jadi terus berlatih untuk mengukir prestasi,” imbuh Pak Yes.Turut menyaksikan jalannya pertandingan di semi final maupun saat pembukaan, Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Provinsi Jawa Timur, Grace Evi Ekawati, mengapresiasi upaya Pemkab Lamongan bersama Perbasi Lamongan dalam memasifkan bola basket. “Dengan bangga Lamongan bener-bener megilan, kompetisi Bupati Cup selau rutin setiap tahun, kami mendukung sangat, karena ini sangat membantu provinsi dalam proses pembinaan basket di wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur. Potensinya juga sudah lumayan bagus luar biasa ini hanya perlu jam terbang saja, jadi kalau bisa difasilitasi jam terbangnya maka akan sama dengan kota-kota besar,” ucap Ketua Perbasi Jatim yang akrab disapa Mama Evi.

Lamongan Segera Implementasikan Sertifikat Tanah Elektronik

Dinas Komunikasi dan Informatika 20 Juni 2024

Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lamongan akan segera implementasikan sertifikat tanah elektronik pada Juli mendatang.Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 285/SK-OT.01/III/2024 tentang penunjukan kantor pertanahan prioritas dalam program kabupaten/ kota lengkap, penerbitan dokumen elektronik dan wilayah bebas dari korupsi tahun 2024."Kami akan mulai implementasi sertifikat tanah elektronik pada Juli mendatang. Karena Kabupaten Lamongan masuk 104 Kantor elektronik yang ditunjuk pemerintah pusat sekitar bulan Maret lalu," tutur Kepala BPN Kabupaten Lamongan Nursuliantoro saat sosialisasi implementasi sertifikat elektronik pelayanan pertanahan, Rabu (19/6) di Hotel Grand Mahkota Lamongan.Hadir memberikan pengarahan, perwakilan Pusat Data dan Informasi Kementerian ATR/BPN Pusat  Albertus Yogo Dwi Sancoko menjelaskan tujuan utama dari peralihan berbasis elektronik ini tentu untuk mengikuti kemajuan digital, menjadikan sistem pendaftaran lebih efektif dan fleksibel, menjaga keamanan data dari bencana alam, dan tentu  membatasi ruang gerak mafia tanah."Peralihan ke digital mungkin membutuhkan waktu untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepadamu masyarakat. Namun dampak positif dari peralihan ini tentu sangat panjang, karena menjamin keamanan sertifikat tanah masyarakat," jelasnya.Selanjutnya ia yakin bahwa Kabupaten Lamongan akan mampu menerapkan digitalisasi dala. sertifikat tanah. Mengingat pada tahun 2023, BPN Kabupaten Lamongan berhasil meraih predikat pelaksanaan PTSL terbaik.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES