BAGIAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Artikel Bagian Kesejahteraan Masyarakat

KHOTMIL QUR’AN DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI LAMONGAN KE-454 TAHUN 2023

LAMONGAN - Jumat 05/05/2023, Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan hari ini terlihat sedikit berbeda dari hari-hari sebelumnya, terlihat di setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Instansi, Kantor Kecamatan, Perkantoran BUMD, Sekolahan, Pondok Pesantren & Masjid-masjid turut serta mengikuti kegiatan Khotmil Qur’an dalam rangka memperingati Hari Jadi Lamongan yang Ke-454.Dalam acara tersebut juga di hadiri segenap jajaran Forkopimda Lamongan, hadir juga Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Lamongan, Pejabat Fungsional beserta Staf menghadiri undangan Khotmil di Pendopo Lokatantra Lamongan. Pada acara tersebut Bapak Bupati beserta jajaranya menyapa lewat zoom khotmil Qur'an pada beberapa tempat seperti : SDN JETIS 3 LAMONGAN, SMPN 1 LAMONGAN, SMPN 1 KEMBANGBAHU, MAN 1 LAMONGAN, MTs PUTRA PUTRI LAMONGAN, DESA DEKETKULON KECAMATAN DEKET, DESA DRAJAT KECAMATAN PACIRAN.Khotmil Qur’an ini merupakan salah satu dari beberapa kegiatan Pembuka dalam rangka memperingati Hari Jadi Lamongan yang Ke-453 dengan tujuan bermunajat sekaligus ungkapan rasa syukur atas segala nikmat dan karunia Allah SWT untuk menuju Kejayaan Lamongan yang berkeadilan... Aamiin... 🤲

Selengkapnya
SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Lamongan, 2 Mei 2023Sejarah Hari Pendidikan NasionalHari Pendidikan Nasional, disingkat HARDIKNAS, adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.[1]SEJARAHHari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.[2] Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, tut wuri handayani ("di belakang memberi dorongan"), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.PERAYAANMeskipun bukan hari libur nasional, Hari Pendidikan Nasional dirayakan secara luas di Indonesia. Perayaannya biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat, disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait.Di Kabupaten Lamongan juga merayakan yang bertempat di Alon-alon Lamongan, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Lamongan juga turut hadir dalam acara tersebut.

Selengkapnya
KEGIATAN SAFARI ROMADHON KE LIMA TAHUN 1444 H/ 2023 M

Lamongan, 10 April 2023Tabarokallah..... acara pelaksanaan agenda Safari yang ke Lima di bulan Ramadhan Tahun 1444 H/ 2023 M terlaksana di Masjid IKHLAS Desa Moropelang Kecamatan Babat pada hari Senin tanggal 17April 2023 berjalan lancar. pada acara tersebut di hadiri oleh Bapak Bupati Lamongan dan Wakil Bupati beserta jajaran Forkopimda, jajaran kepala OPD, dan pengurus MUI Kab. Lamongan Baznas Kab. LamonganKegiatan Safari Romadhon sebagai ajang silaturrahmi pimpinan Kepala Daerah Kab.Lamongan dengan masyarakatnya dan semoga memberikan manfaat bertepatan pada bulan suci Romadhon, karena pada acara tersebut tersedia berbagai layanan dan fasilitas sebagai berikut:1. Perpustakaan keliing2. Bantuan sembako sebanyak 50 paket3. Pasar murah4. Pameran produk UMKM5. Pelayanan KTP, KK, dan AKta 6. Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan dan Konsultasi Gizi7. Pelayanan Konsultasi BPJS8. Konsultasi Keluarga Berencana (KB)9. Bantuan makanan sehat sebanyak 50 Paket10. Pelayanan konsultasi keluarga sakinah11. Pelayanan konsultasi perizinan12. Santunan anak yatim dan bantuan tas sekolah beserta perlengkapan sebanyak 25 anak13. Bantuan sembako untuk fakir miskin sebanyak 50 paket sembakopada acara terebut Pimpinan beserta Staf Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Lamongan turut hadir dan berpartisipasi memfasilitasi 50 Paket sembako untuk di bagikan Bapak Bupati pada fakir miskin di daerah tersebut.Semoga kegiatan seperti ini bisa teragenda setiap tahun nya oleh pimpinan Kabupaten Lamongan.

Selengkapnya
BUKU PEDOMAN PENYERAHAN KARTU YSS (YAKIN SEMUA SEJAHTERA) UNTUK TOKOH AGAMA DAN TOKOH MASYARAKAT

https://drive.google.com/file/d/1YDWZyDt7aNblWy765nyqVGVG7vm0Clmd/view?usp=share_linkLamongan, 28 April 2023Pada tanggal 21 Maret 2023 bertempat di Alon-alon Lamongan, Bapak Bupati Lamongan memberikan simpati kepada seluruh elemen, merangkul bersama sama Aulia' dan tokoh Agama dalam membangun Pemerintahan yang berkeadilan. dengan program kartu YSS (Yakin Semua Sejahtera) Bupati Lamongan memberikan bantuan insentif kepada Guru Ngaji, Takmir masjid, Pengasuh Ponpes, Modin, Imam Musholla, Rohaniawan Kristen dan Hindu yang di lewatkan Bank Jatim dan Bank daerah Lamongan agar tepat sasaran yang dihadiri oleh Gus Muwafiq. Adapun sasaran penerima insentif Program YSS ini terdiri dari 1.990 takmir masjid, 387 pengasuh pondok pesantren, 16 orang rohaniawan Kristen, 1 orang rohaniawan Hindu, 2.417 Modin, 4.911 orang imam musholla, 12.278 orang guru ngaji (Madin dan TPQ). Banyak yg berterima kasih atas program YSS ini.sehubungan dengan hal tersebut untuk memberikan pelayanan yang prima pada kebutuhan dan kepuasan penerima Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Lamongan menyusun buku pedoman penyerahan kartu YSS (Yakin Semua Sejahtera). untuk membuka buku pedoman bisa membuka link di atas.

Selengkapnya
PENGUMUMAN PENUNDAAN PRESENTASI MAKALAH DAN SELEKSI WAWANCARA CAPIM BAZNAS LAMONGAN PERIODE 2023 - 2028

https://drive.google.com/file/d/1nkYbBMO1C16YXAjIGgtF4aSjU3ve7lDY/view?usp=share_link

Selengkapnya