SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

Artikel Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Paripurna penyampaian jawaban Bupati terkait pandangan umum fraksi atas Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023

Hari ini 03/06 Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan jawaban atas Pandangan Fraksi, dalam hal tersebut Bupati menyampaikan target perolehan pajak daerah tidak tercapai. 7 fraksi telah menyampaikan pandangannya, adapun poinnya berisi tentang penggunaan anggaran Bantuan Tidak Terduga (BTT) dan pemerataan nilai pajak daerah sampai realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bupati Lamongan, Bupati Lamongan menyampaikan target pajak daerah, meliputi BPHTP, pajak bumi bangunan, pajak hotel restoran, pajak hiburan dan minerba tidak tercapai karena beberapa alasan. Beliau juga menyebut banyak faktor yang melatarbelakangi merosotnya pajak daerah, antara lain karena pemberian dispensasi fiskal kepada perumahan subsidi, pajak hotel karena menurunya okupansi dan omset restoran. Pajak daerah berjalan fluktuatif dan secara kumulatif pajak mencapai 98,17 persen pada 2023 lalu, Ada pula terkait retribusi, mengalami penurununan karena alasan pendapatan untuk rumah sakit ditiadakan. Juga, retribusi parkir karena kesadaran masyarakat membayar pajak rendah. Selain itu, juga melakukan optimalisasi aset kerjasama dengan pihak ketiga, Selain hal di atas, dewan juga menyoroti soal pendapatan transfer, belanja daerah dan pembiayaan daerah. Secara garis besar, Pemkab Lamongan terus mengoptimalkan kinerja ada beberapa skema yang bakal dijalankan tentu melalui gerak terukur dan perencanaan matang. Lebih lanjut, hal lain yang menjadi titik poin pandangan umum DPRD juga terkait alokasi pupuk subsidi kepada petani. Sementara itu, Drs, H Darwoto, Anggota Fraksi PDI-Perjuangan yang juga Wakil Ketua DPRD Lamongan mengungkapkan bahwa paripurna ini adalah rapat ke-3 dalam penyusunan Raperda Pertanggungjawaban APBD Lamongan 2023. 

Selengkapnya
Aliansi Jurnalis Lamongan Menggugat RUU Penyiaran

Lamongan - Aliansi Jurnaslis Lamongan (AJL) melakukan Aksi damai di kantor DPRD, dan ditemui langsung oleh Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Lamongan Drs. H. Husnul Aqib, M.M yang didampingi oleh Sekretaris DPRD Kabupaten lamongan.Dalam aksi tersebut mereka melakukan orasi Menolak dan Meminta Agar sejumlah pasal dalam draf revisi RUU Penyiaran yang berpotensi mengancam kemerdekaan pers dicabut, meminta DPR mengkaji kembali draf revisi RUU penyiaran dengan melibatkan semua pihak termasuk organisasi Jurnalis Serta publik, masa yang tergabung dalam AJL terbut juga meminta kepada semua pihak untuk mengawal revisi RUU Penyiaran tersebut agar tidak menjadi alat untuk membungkam kemerdekaan pers serta kreativitas individu di berbagai Platform. 27/5

Selengkapnya
Ketua DPRD Kabupaten Lamongan Hadiri Ziarah dan Tabur Bunga dalam Rangka HJL ke-455 Kabupaten Lamongan

Lamongan, - Ketua DPRD Kabupaten Lamongan H. Abdul Ghofur menghadiri kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga dalam rangka Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-455. Acara yang berlangsung pada hari Sabtu 25/5/2024 dihadiri oleh sejumlah pejabat penting daerah. Bupati Lamongan, Wakil Bupati, Kapolres Lamongan, Dandim 0812/Lamongan, Ketua Pengadilan Negeri Lamongan, Kajari Kabupaten Lamongan, serta sejumlah pejabat OPD Kabupaten Lamongan. Kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga dilaksanakan di tiga makam, yakni Makam Mbah Sabilan, Mbah Punuk, dan Mbah Ronggo Hadi atau Mbah Lamong.Rangkaian kegiatan dimulai dengan ziarah dan tabur bunga di Makam Mbah Sabilan. Selanjutnya, pembaca'an riwayat singkat Mbah Sabilan yang dikenal sebagai seorang Patih dari Bupati ketiga Lamongan, Raden Panji Puspa Kusuma. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga di Makam Mbah Punuk dan yang terakhir di Makam Mbah Ronggo Hadi atau Mbah Lamong dan pembacaan Riwayat singkat Mbah Ronggo Hadi, yang merupakan adipati pertama Lamongan bergelar Tumenggung Surajaya. Kegiatan diakhiri dengan pembacaan doa dan pemotongan tumpeng.

Selengkapnya
Komisi A DPRD Lamongan melakukan peninjauan saat pengujian ulang layak fungsi tower di lingkungan Bandung

Komisi A DPRD Lamongan melakukan peninjauan saat pengujian ulang layak fungsi tower di lingkungan Bandung, Kelurahan Sukomulyo.Keputusan itu diambil saat rapat audiensi komisi A bersama Gerakan Bandung Bersatu, OPD terkait, dan PT Ema selaku pemilik tower BTS. Rapat itu dilakukan karena ada penolakan perpanjangan kontrak berdirinya tower di lingkungan Bandung tersebut.Ketua Komisi A DPRD Lamongan, Hamzah Fansyuri, menuturkan, merupakan lanjutan. Sebelumnya, masyarakat Bandung mengeluh terkait berdirinya tower. Komisi A lalu memutuskan untuk dilakukan pengujian ulang layak fungsi tower secara mendetail dengan didampingi masyarakat setempat. ‘’Uji layak fungsi itu harus mendetail,’’Komisi A menyarankan dan meminta pengujian ulang, karena sertifikat layak fungsi yang dikeluarkan Perkim terakhir pada 2022. Ketika itu, tower masih milik PT Indosat, bukan milik PT Ema.  sebelumnya PT Ema sempat mengatakan bahwa terkait tower parabola atau BTS goyang tanggung jawab provider masing - masing.‘’Kami putuskan bersama dengan masyarakat dan alhamdulillah insya Allah masyarakat bisa menerima dengan pemahaman yang kami paparkan minta tolong diuji ulang,’’ 13/05

Selengkapnya
Publik Hearing Bapemperda

Lamongan - Publik Hearing Bapemperda dilaksanakan kembali untuk mempertegas Raperda Inisiatif DPRD Tahun 2024. Rapat pembahasan Raperda Inisiatif DPRD ini memperoleh hasil , antara lain : 1. Sistem Kesehatan Daerah 2. ⁠Penanggulangan Prostitusi dan Perbuatan Asusila 3. ⁠Perlindungan dan Pemberdayaan petani 4. ⁠Badan Permusyawaratan Desa Rapat Bapemperda di pimpin oleh Saifuddin Zuhri selaku Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Lamongan . Dalam kegiatan ini turut hadiir Dinas Kesehatan , PTSP , Satpol PP , PMD , Dinas PPA , PMII  , LSM , dan Universitas UMLA , ITB Ahmad Dahlan. (20/5)

Selengkapnya
Paripurna DPRD Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023

Senin (20/5/2024),  Bupati Lamongan Yuhronur Efendi sampaikan Rancangan peraturan daerah (Raperda) pertanggungjawaban atas pelaksanaan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2023 kepada DPRD Lamongan, di Ruang rapat Paripurna DPRD Lamongan, Penyampaian Laporan Pelaksanaan APBD merupakan agenda tahunan dari suatu siklus pengelolaan keuangan daerah. Laporan ini merupakan perwujudan dari kinerja atas pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan.Melalui berbagai kinerja pelaksanaan pengelolaan keungan daerah yang berdampak langsung bagi pencapaian sasaran pembangunan, Pemerintah Kabupaten Lamongan berhasil mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 8 (delapan) kali berturut-turut dari BPK RI, maupun Capain Standar Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2023 berpredikat "A" PANRB.Bupati juga menyampaikan ucapan Terima kasih kepada segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Lamongan yang telah melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan APBD sehingga semua prestasi tersebut bisa diraih. Kebersamaan dan kerjasama yang harmonis ini perlu kita rawat dan perkuat agar seluruh proses pelaksanaan kebijakan yang tertuang dalam program dan kegiatan dalam APBD Kabupaten Lamongan dapat terkawal dengan baik.

Selengkapnya
Bapemperda DPRD Kota Batu melaksanakan koordinasi ke DPRD Kabupaten Lamongan

Lamongan - Bapemperda DPRD Kota Batu melaksanakan koordinasi / konsultasi ke DPRD Kabupaten Lamongan , kunjungan ini terkait mekanisme percepatan pembahasan Raperda . Dalam kunjungan ini di terima oleh Drs.H.Husnul Aqib,MM salaku Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Lamongan. Kunjungan kerja di terima di ruang terbuka DPRD Kabupaten Lamongan.(20/5)

Selengkapnya
DPRD Kabupaten Lamongan menerima tamu Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Banjar Provinsi Kalimatan Selatan

Lamongan - DPRD Kabupaten Lamongan menerima tamu Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Banjar Provinsi Kalimatan Selatan , bertujuan untuk konsultasi / koordinasi terkait Program Pemberdayaan Masyarakat Desa. Dalam Kunjungan ini di terima Eko Mudjo Widodo, S.P.,M.Agr selaku Kepala Bagian Persidangan & Perundang - undangan di Ruang Pertemuan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lamongan. (17/5)

Selengkapnya
Antusias menjelang Hari Jadi Lamongan ke 455 tahun 2024

Lamongan - Antusias menjelang Hari Jadi Lamongan ke 455 tahun 2024 , berbagai persiapan di lakukan penuh suka cita , dengan mengadakan gladi bersih persiapan Upacara Selubung Pataka yang dilaksanakan start Kantor DPRD Kabupaten Lamongan , hingga Pasamuan Agung finish di Pendopo Lokatantra Lamongan . Puncak Hari Jadi Lamongan ke 455 ini , di laksanakan pada 26 Mei 2024. Sebelum Kegiatan HJL berlangsung akan diadakan Sholat hajat , Doa bersama dan tasyakuran demi kelancaran dan kejayaan Kabupaten Lamongan. (16/5)

Selengkapnya