Agustus

06

 2021

Usahakan Pemenuhan Hak Material dan Mental Anak Yatim Piatu Imbas Pandemi

Bencana Pandemi Covid-19 benar-benar berdampak luar biasa bagi Indonesia. Dampak ini terasa berlipat-lipat bagi kelompok rentan termasuk anak-anak. Di Lamongan sendiri, beberapa anak-anak harus rela kehilangan ibu atau bapaknya atau bahkan harus menjadi yatim piatu akibat ditinggal kedua orang tua mereka oleh ganasnya virus covid-19.
Diungkapkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, pelaksanaan rekap data ini akan bekerjasama dengan camat di 27 kecamatan di Kabupaten Lamongan. Anak yang masuk dalam rekap data yatim-piatu terimbas covid adalah anak yang baik kedua orangtua maupun salah satunya meninggal karena terpapar covid-19.

"Melalui data ini nanti akan kita upayakan bagaimana kelangsungan pendidikan mereka, khususnya anak-anak yang yatim-piatu, yang orangtuanya meninggal karena covid-19," terang YES.

Pada kesempatan ini, Bupati yang akrab disapa YES melakukan kunjungan ke rumah salah seorang anak di lingkungan kauman, yang harus menjadi yatim-piatu sebagai imbas dari bencana pandemi covid-19. Anak tersebut bernama Safana Az Zaira, ibunya lebih dulu meninggal sekitar satu tahun yang lalu, sedangkan ayahnya meninggal dunia karena covid-19. Saat ini Safana tinggal dan diasuh oleh neneknya.

Selain bantuan dari pemerintah, Pak YES juga mengajak seluruh masyarakat yang memiliki rezki lebih untuk turut membantu anak-anak disekitarnya yang terpaksa harus kehilangan orangtuanya karena covid-19. Tidak hanya membantu memenuhi haknya secara materiil, pak YES juga berharap anak yatim-piatu korban covid-19 ini juga dapat terpenuhi hak untuk tumbuh dengan penuh cinta dan kasih sayang dari keluarga dan masyarakat sekitarnya.

"Saya berharap, anak-anak ini nanti semua haknya dapat terpenuhi. Saya mengajak, tidak hanya pemerintah, tapi siapa saja yang merasa mampu untuk turut membantu memenuhi hak mereka, bukan hanya materiil, psikis juga," tambahnya.

Sumber : PROKOPIM Setda Kab. Lamongan

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES