November

27

 2023

Tersapu Jagat Raih Anugerah Detik Jatim Award 2023



Pemerintah Kabupaten Lamongan berhasil raih anugerah penghargaan ekonomi terpuji kategori pengembangan ekonomi inklusif dalam ajang Detik Jatim Awards 2023, Senin (27/11) di The Singhasari Resort Kota Batu.

Saat menerima penghargaan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menjelaskan bahwa, hal yang mendasari diperolehnya penghargaan ini ialah keberhasilan Pemkab Lamongan dalam menjalankan program Ternak Sapi Usaha Jagung Meningkat (Tersapu Jagat).

"Alhamdulillah komitmen kami diapresiasi. Inovasi Tersapu Jagat sendiri merupakan langkah taktis yang dibuat Pemkab Lamongan bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan untuk memanfaatkan limbah jagung dalam pengembangan sektor peternakan. Langkah ini pun menjadi solusi untuk mengatasi tingginya harga dan ketersediaan pupuk," kata Bupati yang akrab disapa Pak Yes usai menerima penghargaan.

Selanjutnya Pak Yes menerangkan bahwa keberhasilan program inovasi Tersapu Jagat dapat dilihat dari meningkatnya nilai tukar petani yang saat ini mencapai 109,26. Sampai dengan Januari 2023, telah ada 83 ternak/53 peternak yang mengikuti asuransi dari limbah ternak dengan nilai Rp830 juta.

Selain dari NTP, wujud nyata keberhasilan Tersapu Jagat juga dirasakan oleh Kelompok Tani Ternak Sumber Rejeki. Kelompok Tani dari Desa Sumbersari Kecamatan Sambeng ini beranjak dari peternakan sapi tradisional, yang kemudian  bertransformasi menjadi pusat pembelajaran tani ternak terintegrasi. Program yang digagas sejak 2018 ini sudah menjadi sebuah smart ecosystem agribisnis.

Saat ini, Kelompok Tani ternak ini sudah mampu mengolah limbah pertanian sebanyak 60 ton per tahun menjadi silase. Di mana hasilnnya tidak hanya dimanfaatkan untuk ternak milik kelompok, tetapi juga dijual ke beberapa peternak sapi di wilayah Lamongan.

Kemudian, pengembangan mulai dilakukan pada tahun 2019 hingga 2020. Dengan sistem anggota kelompok mulai memanfaatkan limbah ternak yang selama ini menjadi momok lingkungan, menjadi media tanam.

Kini, Kelompok Tani ternak Sumber Rejeki sudah mampu mengolah limbah peternakan sebanyak 504 ton per tahun. Produknya sudah dipasarkan di Lamongan, Jombang, Bojonegoro, Mojokerto, Gresik, Malang dan Tuban.

Dari keberhasilan program inovasi, orang nomor 1 di Kota Soto itu menekankan bahwa pengembangan ekonomi inklusif yang dimaksudkan Lamongan adalah mencapai harapan yang tertuang dalam visi yaitu untuk Lamongan bangkit ekonomi, rata pembangunannya dan harmonis warganya. Untuk itu, Pemkab Lamongan menguatkan seluruh potensi yang dimiliki.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES