BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

50 Tahun Gerak PKK, PKK Lamongan Dukung Eliminasi TBC



Tepat setengah abad PKK berbakti pada bangsa dan berbakti kepada sesama. Dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 tersebut, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lamongan kolaborasi bersama Dinkes Lamongan menggelar Seminar Kesehatan TBC (Tuberculosis) yang dapat diikuti seluruh masyarakat secara live streaming di Pendopo Lokatantra, Selasa (29/3).

Diungkapkan Kadinkes Lamongan, dr Taufik Hidayat, peran PKK dalam mendukung eliminasi TBC sangatlah besar. Dimana salah satu peran PKK adalah terus mengingatkan masyarakat dan mendampingi masyarakat yang sedang menjalani penyembuhan TBC sampai sembuh.

“Peran PKK sangatlah penting, dimana PKK sebagai pemberdayaan keluarga dapat mendorong masyarakat yang sedang menjalani proses penyembuhan TBC agar tetap semangat. Selain itu juga mendampingi masyarakat yang terdiagnosis sampai sembuh pengobatan. Sangat besar sekali peran ini,” ucap Taufik.

Dalam kesempatan tersebut beliau menganalogikan pencegahan TBC sama dengan Covid-19. Dimana imunisasi TBC dan menjaga protokol kesehatan seperti mengenakan masker sangat penting.

“TBC penyakit paru-paru yang terjadi karena serangan kuman bernama mycobacterium tuberculosis. Jika paru-paru bersih terlihat rontgen akan terlihat hitam, sementara bagi orang yang terserang TBC paru-paru bagian atas akan tampak memutih, karena terjadi peradangan yang diakibatkan karena ada nanah yang menyumbat. Penyakit ini menyebabkan pengidapnya mengalami gejala berupa batuk yang berlangsung lebih dari tiga minggu. Batuk yang menjadi gejala penyakit ini biasanya disertai dahak dan terkadang mengeluarkan darah. Seperti Covid, imunisasi TBC sangatlah penting,” ungkap Taufik.

Taufik juga menginformasikan, jika seseorang didiagnosis TBC maka pola makan seimbang dan menjaga kesehatan lingkungan harus dilakukan. “Maka yang perlu dilakukan jika didiagnosis TBC adalah menjaga pola kesehatan, seperti makan seimbang, olahraga yang terkena sinar matahari dan sirkulasi rumah yang sehat dan yang paling penting tetap menggunakan masker,” imbuhnya.

Tak hanya menggelar seminar kesehatan, peringatan setengah abad gerak PKK, TP PKK Lamongan juga menggelar Fashion Show batik khas Lamongan yang dihadiri langsung Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Yes mengungkapkan apresiasinya atas pengabdian PKK Lamongan kepada masyarakat Lamongan selama ini.

“Terima kasih kepada tim penggerak PKK atas segala pengabdian yang diberikan kepada masyarakat selama ini. Dengan semangat 50 tahun ini, PKK harus menjadi strong women untuk terus berkarya,” ucap Bupati Yes.

Bupati Yes juga mengajak PKK bersinergi bersama pemerintah dalam program prioritas yang telah dicanangkan seperti Home Care Service hingga mendorong kebangkitan UMKM Lamongan.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Lamongan Anis Yes mengajak seluruh tim PKK di seluruh Lamongan untuk saling berbagi dan membantu sesama, sesuai tema hari kesatuan gerak PKK yakni berbakti kepada bangsa, mengabdi kepada sesama.

Hadir pada acara tersebut, Wabup Abdul Rouf, Sekda Moh Nalikan, Ketua DWP Puji Dariani Nalikan, serta ibu-ibu Forkopimda Kabupaten Lamongan.