April

26

 2024

Bupati Yes Resmikan UPT Puskeswan Mantup

 prokopim
 16
 26-April-2024

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Jum'at (26/4) meresmikan Unit Pelaksanaan Teknis Pusat Kesehatan Hewan (UPT Puskeswan) di Kecamatan Mantup. Peresmian ini menambah jumlah keberadaan Puskeswan di Kabupaten Lamongan, dari yang awalnya 6 di Kecamatan Solokuro, Sukodadi, Tikung, Kedungpring, Modo, dan Sukorame, menjadi 7 dengan penambahan Puskeswan Mantup.

Dikatakan Pak Yes, bahwa adanya UPT Puskeswan ini diharapkan dapat difungsikan dengan baik, layaknya Puskesmas sebagai tempat berobat masyarakat, Puskeswan juga dapat menjadi tempat konsultasi kesehatan hewan ternak maupun peliharaan.

"Alhamdulillah kita bisa merealisasikan UPT Puskeswan pada hari ini, kita sudah punya 7 di Kabupaten Lamongan. Saya harap keberadaan UPT ini nanti dapat difungsikan dengan baik, sebagai tempat berobatnya ternak dan hewan peliharaan lainnya, karena puskeswan ini layaknya puskesmas yang selalu dikunjungi masyarakat untuk betobat," kata Pak Yes.

Ditambahkan beliau, keberadaan puskeswan ini merupakan maksud kehadiran Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat untuk kesehatan hewan. "Harapannya Puskeswan ini dapat berjalan dengan baik dan bisa memenuhi ekspektasi masyarakat, sehingga kalau butuh IB (Inseminasi Buatan), butuh informasi tentang kebuntingan, kesehatan hewan, langsung ada di sini," imbuh Pak Yes.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jatim drh. Iswahyudi pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa Lamongan merupakan salah satu kabupaten dengan jumlah Puskeswan yang cukup banyak, melebihi 5. Beliau menambahkan bahwa Puskeswan merupakan bentuk miniatur Dinas Peternakan yang hadir di tengah masyarakat, sehingga diharapkan pelayanan tersebut akan lebih dekat dengan masyarakat.

"Kalau saja Lamongan bisa menerapkan satu kecamatan satu Puskeswan, pembangunan peternakan di Lamongan akan megilan dan akan bisa memberikan pelayanan yang paripurna. Mudah-mudahan peresmian ini memberikan sinergitas pembangunan peternakan yang lebih baik," ucap drh. Iswahyudi.

Dilaporkan pula oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan Shofiah Nurhayati, UPT Puskeswan ini mulanya bertempat di sebelah pasar sapi Kecamatan Tikung, namun karena lokasi kantor yang kurang luas akhirnya dipindahkan di Mantup dengan tempat yang representatif. Adapun beberapa pelayanan yang diberikan yakni inseminasi buatan, pemeriksaan kebuntingan (PKB), asistensi teknis reproduksi (ATR), pemeriksaan kesehatan hewan penyuluh peternakan atau pertanian, dan pemberian pelayanan kesehatan masyarakat veteriner.

"Harapannya keberadaan puskeswan ini menjadi Tempat bertemunya petugas IB, penyuluh peternak, penanggung jawab Puskeswan atau medik veteriner dan paramedik dalam memecahkan masalah," lapor Kadisnakeswan Shofi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Yes juga menyerahkan secara simbolis rencana pembangunan gudang pakan silase kepada 4 dari 8 kelompok ternak penerima, yakni kelompok tani di Mantup, Tikung, Kembangbahu, dan Sarirejo, masing-masing senilai Rp. 400 juta. (dir)

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023