BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Warga Bluluk Antusias Manfaatkan Layanan Kesehatan Pada Safari Ramadan

Safari Ramadan di Desa Banjargondang, Kecamatan Bluluk, Jumat (22/3) menghadirkan berbagai pelayanan, salah satunya kesehatan. Terlihat, puluhan warga Bluluk antusias untuk mendapatkan pengobatan gratis. Hal ini merupakan komitmen Bupati YES dalam menghadirkan pelayanan maksimal untuk masyarakat.


Hadir menyapa masyarakat Bluluk, Bupati YES menyampaikan bahwa Pemkab Lamongan memberi perhatian khusus pada pelayanan kesehatan agar senantiasa memuaskan. 

"Program-program kesehatan, layanan Puskesmas, Posyandu, Pustu, selalu kita pantau semua agar berjalan dengan baik," imbuhnya.


Pada Safari Ramadan ini, layanan kesehatan gratis diberikan oleh Puskesmas Bluluk. Layanan tersebut di antaranya pemeriksaan, cek laboratorium, dan pemberian obat. 


Diterangkan oleh dr. Tiara, Puskesmas Bluluk, sejumlah lebih dari lima puluh warga memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis ini. Berdasarkan hasil pemeriksaan, mayoritas masyarakat yang menerima layanan, memiliki keluhan gejala influenza seperti batuk dan pilek.


"Masyarakat yang hadir diberikan pengobatan sesuai dengan kebutuhan. Bila membutuhkan tindakan lebih lanjut, kami rujuk ke Rumah Sakit," sambungnya.


Sementara itu, Purni (42), warga Desa Banjargondang, Bluluk, mengaku senang dengan adanya pengobatan gratis. Ia jadi bisa mengobati batuk pilek yang dialaminya.


"Bagus pelayanannya. Saya sangat senang. Tadi saya sakit batuk, alhamdulilah sudah dikasih obat. Semoga tahun depan diadakan lagi di Bluluk," ujarnya.


Pada kesempatan ini, Bupati YES juga menerangkan mengenai rencana pembangunan Jamula di wilayah Bluluk yang akan dimulai setelah Lebaran. 

"Saya ingin memastikan program-program berjalan dengan baik, khususnya Jamula. Setelah hari raya insyaallah akan digarap di ruas Talunrejo-Cangkring dan Bluluk-Sukorame. Semoga pada 2024 ini seluruh jangkauan jalan strategis bisa dilaksanakan dengan baik," ucapnya.


Selain pelayanan kesehatan, disediakan pula berbagai pelayanan lain, seperti administrasi kependudukan oleh Dinas Dukcapil, suplemen peternakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, layanan perizinan oleh Dinas PTSP, penyediaan olahan ikan oleh Dinas Perikanan, layanan perpustakaan keliling oleh Dinas Arpusda, dan pelayanan pembayaran pajak oleh Bapenda. UMKM Lokal juga turut unjuk produknya di stand Paguyuban UMKM Bluluk. (xcl)