BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

20.765 Kotak Suara di Lamongan Mulai Didistribusikan

Sebanyak 20.765 Kotak Suara pada Sabtu (10/2) mulai diberangkatkan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, dari KPU Lamongan untuk selanjutnya didistribusikan pada 4.153 TPS yang tersebar di 27 Kecamatan. Dikatakan Bupati Yes, tahap Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 berupa kotak dan kertas suara ini merupakan momen yang sangat penting dalam penyelenggaraan Pemilu, oleh karenanya perlu dilakukan pengawasan agar pendistribusiannya dapat berjalan aman tanpa hambatan.


"Memonitor bahwa logistik ini bisa sampai ke tempatnya dengan baik, selamat, aman, dan tertib, tidak ada satu halangan, tidak ada satu hambatan yang terjadi, ini penting. Dengan tahapan ini berarti kita akan siap untuk melaksanakan Pemilu pada tanggal 14 Februari nanti," ucap Pak Yes.


Pada kesempatan tersebut Pak Yes juga menghimbau agar masyarakat dapat turut mensukseskan Pemilu dengan menggunakan hak suaranya. Selain itu, beliau juga berpesan mengingat cuaca yang sudah memasuki puncak musim penghujan, beliau mengajak untuk terus waspada dan pihak-pihak terkait terus bersinergi untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 ini, berjalan secara aman dan damai.


"Yang terus kita sampaikan dan kita sosialisasikan adalah tingkatkan kehadiran atau partisipasi pemilih, agar pemilih di Kabupaten Lamongan ini semakin tahun akan semakin naik dan partisipasinya akan semakin baik. Hari-hari ini kita juga dihadapkan pada persoalan cuaca, yang ini menuntut kewaspadaan kita semua, agar seluruh TPS kita pastikan dalam keadaan aman, sehingga seluruh masyarakat yang akan menyalurkan hak pilihnya bisa melaksanakannya dengan nyaman," imbuhnya.


Diungkapkan Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali, pada hari terakhir tahapan ke 7 (tahap kampanye) dari 11 tahapan pemilu ini dilaksanakan pendistribusian logistik, dimana logistik mulai dikirimkan menuju lokasi pemungutan suara setelah melalui proses panjang, mulai dari pengadaan, sortir, lipat, hingga setting packing. Dalam pendistribusiannya, sebanyak 80 truk armada bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia diterjunkan, dengan estimasi pengiriman pada tanggal 12 Februari telah sampai di tingkat kecamatan.


"Perlu diketahui bahwa Pemilu tahun 2024 ini adalah Pemilu Nasional, yang mana surat suara dan kotak suara berjumlah 5. Sedangkan untuk jumlah TPS kita adalah sejumlah 4.153, jadi ini dikali 5 jumlahnya adalah 20.765 kotak suara yang akan kita distribusikan, dan target kami pada tanggal 12 itu sudah semuanya sampai di tingkatan Kecamatan, dan untuk satu hari atau H-1 nya itu adalah pergeseran dari Kecamatan ke desa dan ke TPS," terang Mahrus Ali.


Tidak hanya itu terkait daerah rawan di Lamongan, dikatakan Kapolres Lamongan AKBP Bobby A. Condroputra bahwa daerah rawan kriminalitas di tempat pelaksanaan pemungutan suara saat ini belum ditemukan, namun pihaknya tetap akan terus melakukan monitoring juga antisipasi. Terkait daerah rawan bencana, ditambahkan beliau hingga saat ini masih terpantau aman.


"Untuk pengamanan minggu-minggu ini adalah curah hujan cukup tinggi. Namun kita menampung informasi dari Kapolsek, sementara tidak ada TPS yang bisa dikategorikan terendam atau tidak aman banjir, sementara tidak ada, semoga sampai hari H ke depan aman," ungkapnya. (dir)