BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Pemkab Lamongan Kolaborasi Bersama BBWS Tangani Tanggul Sungai Plalangan

Bupati Lamongan Yes bersama Kepala BBWS Bengawan Solo Maryadi pada Jumat (9/2/2024), melakukan pertemuan secara lansgung di Guest House dalam upaya Penanganan Tanggul Jebol di Sungai Plalangan Kecamatan Turi yang terjadi beberapa waktu lalu.


Dalam pertemuan tersebut, Bupati Yes mengusulkan agar tanggul yang jebol dapat di tangani secara permanen. 


"Meski saat ini banjir sudah mulai surut dan tanggul yang jebol berhasil ditangani. Kami Pemerintah Kabupaten Lamongan tidak dapat berjalan sendiri, untuk itu kami mengajak pihak Provinsi Jatim dan BBWS kolaborasi bersama untuk penanganan permanen di tanggul-tanggul yang jebol dan tanggul yang dalam kondisi kritis," ucapnya dihadapan Kepala BBWS. 


Selain penanganan tanggul secara permanen, Pak Yes juga mengusulkan perbaikan Pintu Kuro yang masih bocor serta penanganan Sungai Semarmendem. 


"Dengan adanya kebocoran di Pintu Kuro ini otomatis membuat kinerjanya tidak maksimal dalam pembuangan air, kemudian Penanganan Banjir di Sungai Semarmendem Bojonegoro, ini kalo tidak ditangani secara maksimal tidak hanya berpotensi membanjiri area di wilayah Bojonegoro tetapi juga di wilayah Lamongan," tambahnya. 


Mendengar hal tersebut, Kepala BBWS Bengawan Solo Maryadi akan segera menyampaikan berbagai usulan tersebut kepada Kementerian PUPR. 


"Kami akan segera usulkan ke Kementerian terkait, semoga penanganannya segera dilakukan," tuturnya. 


Sebelumnya, para pejabat lintas lembaga tersebut meninjau secara langsung kondisi terkini yang terjadi di Sungai Plalangan di Kecamatan Turi.