Januari

27

 2024

Pak Yes Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Wilwatikta di Sitinggil

 prokopim
 67
 27-Januari-2024

Lamongan, Prokopim-Bupati Lamongan Yuhronur Efendi pada Sabtu, (27/1/2024) malam, menghadiri secara langsung Pagelaran Wayang Kulit yang digelar Paguyuban Budaya Wilwatikta di Situs Sitinggil Desa Mojorejo Kecamatan Modo. 


Wayangan dengan lakon Kidung Madali yang dibawakan oleh Dalang Ki Ardhi Poerboantono ini diselenggarakan dalam rangka Rutinan Malam Bulan Purnama sekaligus Kirim Doa 1000 Hari Alm. Prof KH. Agus Sunyoto.


Prof KH. Agus Sunyoto sendiri merupakan sosok tokoh NU dan ulama yang zuhud, selain itu Beliau juga sejarawan dan juga Ketua LESBUMI PBNU yang tekun menulis dan menorehkan banyak karya tentang perjalanan spiritualnya Walisongo dalam masuknya Islam di Nusantara, dimana salahsatunya yakni cara dakwah Sunan Kalijaga yang menggunakan media wayang. 


Diterangkan Ketua Paguyuban Wilwatika Sriaji, pagelaran wayang kulit yang akan rutin diadakan setiap malam Jumat Kliwon di Gunung Ratu Ngimbang dan saat Bulan Purnama di Situs Sitinggil Modo ini tak lain untuk memberikan hiburan kepada masyarakat sekaligus sebagai upaya melestarikan budaya. 


"Matur nuwun rawuhipun Bapak Bupati, mugi-mugi Paguyuban Wilwatikta saged ngawontenaken kegiyatan kados rumiyin, kanthi lancar, lan saged nglestantunaken budaya Lamongan," ucapnya menggunakan bahasa Ibu. 


Artinya: Terima kasih kedatangan Pak Bupati, semoga Paguyuban Wilwatikta dapat melaksanakan kegiatan seperti yang sudah-sudah, semulus mungkin, dan dapat melestarikan budaya lamongan.


Mendengar hal tersebut, Bupati Yes menyampaikan apresiasinya atas upaya bersama dalam pelestarian budaya Lamongan. 


"Alhamdulillah pagelaran wang kulit bisa terlaksana setelah lama sekali tidak ada pagelaran seperti ini. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan, sehingga Paguyuban Wilwatikta ini semakin langgeng dapat melestarikan budaya dan adat istiadat yang sudah ada sejak lama di Lamongan ini," terang Pak Yes.


Menurut Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, kegiatan yang sarat akan budaya semacam ini selaras dengan semangat Pemkab Lamongan yang ingin merekonstruksi kembali spirit dan nilai kejayaan masa lampau menjadi kejayaan berkeadilan seperti yang dicita-citakan sekarang.


"Lamongan ini adalah tempat yang berjaya, dilihat dari beberapa temuan jejak-jejak Airlangga, Majapahit hingga kolonial. Untuk itu, mari terus kita pelihara ini demi mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan," pungkasnya. 


Hadir pula Pemerhati Budaya sekaligus Anggota DPR RI Gus M. Nabil Haroen dan para tokoh Kecamatan Modo.



PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023