November

30

 2023

Antisipasi Gelombang Tinggi, 2.000 Bibit Mangrove Ditanam di Kawasan Pesisir Lamongan

 prokopim
 80
 30-November-2023

Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Korps Brigade Mobile (Brimob) dan HUT Ke-73 Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud), Kepolisian Resor (Polres) Lamongan dengan Pemkab Lamongan kolaborasi bergerak bersama menanam 2.000 bibit tanaman mangrove. 


Penanaman 2.000 bibit mangrove yang difokuskan di kawasan Wisata Pantai Kutang Desa Labuhan Kecamatan Brondong, Kamis (30/11/2023) ini tak lain sebagai upaya antisipasi bencana tsunami atau gelombang tinggi di wilayah Jawa Timur.  


Memimpin Apel HUT Ke-78 Brimob sekaligus HUT Ke-73 Polairud, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha dan Dandim 0812/Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah peduli dan menjaga kelestarian lingkungan terutama di kawasan pantai. 


“Saya mengapresiasi seluruh masyarakat yang peduli terhadap kelestarian lingkungan terkhusus bagi semua yang hadir sebagai wujud kepedulian besar dalam upaya menjaga kualitas lingkungan sekitar pantai, melalui aksi ini sebagai upaya mengantisipasi energi gelombang tinggi yang mengakibatkan abrasi hingga mengurangi polusi dan emisi yang akhir-akhir ini memprihatinkan,” tutur Pak Yes.


Lebih lanjut, Pak Yes menerangkan, keberadaan ekosistem mangrove di kawasan pesisir juga dapat mempertahankan ketahanan masyarakat di pesisir dalam perubahan iklim. Bahkan, pemerintah secara konsisten mendukung upaya rehabilitasi mangrove yang melibatkan semua pihak, termasuk yang saat ini dilakukan oleh instansi Polri. 


Pak Yes yang dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Mohammad Fadil Imran. Pak Yes menegaskan, bahwa kegiatan yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia ini merupakan upaya nyata Indonesia dalam perannya untuk mitigasi perubahan iklim secara global. 


“Indonesia memiliki luasan hutan mangrove hingga 20-25 persen dari ekosistem mangrove dunia. Peranan Indonesia dalam mitigasi perubahan iklim secara global amat besar sehingga melindungi dan merestorasi mangrove merupakan langkah penting yang harus dilakukan secara bersama-sama. Melestarikan hutan mangrove menjadi penting, karena menurut Global Mangrove Alliance dalam kurun 10 tahun terakhir, lebih dari 60 persen mangrove telah hilang atau terdegradasi dan hingga saat ini bertambah 1 persen setiap tahunnya, dengan demikian hutan mangrove hilang 3-5 persen lebih cepat dari hilangnya hutan global,” pungkas Pak Yes.


Turut hadir pula dalam penanaman bibit mangrove jajaran Polres Lamongan, Brimob Lamongan, Brimob Bojonegoro, eks Brimob Lamongan serta Satpol Airud Lamongan.



PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023