BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Bertandang Ke TMII, Bupati Yes Kukuhkan Pengurus Pualam Jabodetabek

Forum Silaturrahim Putera Lamongan (PUALAM) Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (JABODETABEK) kembali menyelenggarakan Silaturrahmi Warga Lamongan Se-Jabodetabek di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (25/6). 


Suguhan kesenian khas Lamongan Tari Adara Purwa menjadi pembuka dalama cara yang dihadiri langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi beserta jajaran Pemkab Lamongan. 


Hadir ditengah-tengah warga perantauan asal Lamongan sekaligus mengukuhkan secara langsung Pengurus PUALAM Masa Bakti 2023-2018, Bupati Yes berharap, PUALAM menjadi rumah bagi berkumpulnya para warga Lamongan untuk saling memberi dukungan agar warga Lamongan yang ada di Jabodetabek lebih sejahtera dan kehidupannya terus meningkat. 


"Ayo saling support terutama yang berada di perantauan. Mari kita jadikan PUALAM ini rumah besar untuk saling berbagai, saling support, saling membantu agar masyarakat lebih sejahtera, lebih baik martabat kehidupannya terus meningkat," ucap Pak Yes. 


Melihat warga Lamongan yang hidup rukun dan gayeng di perantauan, Bupati Yes mengaku bersyukur karena kehadiran warga Lamongan diterima bahkan dicintai warga setempat. Hal ini dibuktikan keramahan warga setempat saat beliau mengunjungi warga Lamongan di berbagai wilayah Indonesia. 



"Alhamdulillah dimanapun warga Lamongan berada, dicintai warga setempat. Terbukti terakhir kemarin saya ke Kota Makassar, bahkan diundang langsung di kediaman pribadi pak walikota, sebelumnya kami juga ke Atambua NTT, kedatangan kami juga di sambut hangat warga setempat. Di Jakarta juga, warga Lamongan bisa hidup makmur disini, hidup berdampingan dengan warga Jakarta," imbuhnya. 


Melalui kepercayaan yang diberikan tersebut, Bupati Yes mengajak para perantau Lamongan untuk menggerakkan lokomotif perekonomian.  


"Jarang kita dengar ada perselisihan bahkan banyak diantara warga Lamongan menjadi tokoh masyarakat, menjadi sosok-sosok penting. Ini menandakan kita bisa diterima, ini menjadi modal penting kita semua. Kedepan, sektor kuliner yang sudah jadi branding, harus menjadi lokomotif menggerakkan perekonomian di Lamongan," lanjutnya. 


Sementara itu, Ketua Umum PUALAM Jabodetabek terlantik M. Anam Ansori mengungkapkan, akan sungguh-sungguh menjadikan PUALAM rumah bagi warga Lamongan di Jabodetabek. Bahkan dalam kepengurusannya ini, Ia telah membuat dua program prioritas yang diharapkan semakin mempererat jalinan silaturahmi hingga menggerakkan ekonomi perantau dari Lamongan. 


"Ada dua program prioritas, pertama, kami akan mengadakan sensus warga Lamongan di Jabodetabek, karena di sini ada banyak sekali paguyuban mulai dari tingkat desa hingga kecamatan, sangat banyak sekali. Contohnya dari Desa Ngayung Kecamatan Maduran ada 600 KK di sini, Sambeng bersatu dan masih banyak lainnya. Kemudian, program prioritas kedua yaitu digitalisasi koperasi, sehingga bisa mengakomodir para UKM di sini," pungkasnya. 


Acara yang turut dihadiri Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid serta Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Timur Zaenal Fanani tersebut, juga dimeriahkan pagelaran seni dramatari Danurekso Sang Duto hingga Campursari Lamongan.