BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Bupati Yes Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap LPj APBD 2022

Rangkaian pembahasan Petanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 kembali digelar, setelah sebelumnya digelar Rapat Paripurna dalam rangka mendengarkan Pemandangan Umum Fraksi Atas Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022, kali ini, Senin (12/6) dilaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka mendengarkan Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi di Ruang Paripurna gedung DPRD Kabupaten Lamongan. 


Bupati Lamongan Yuhronur Efendi selaku eksekutif dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh fraksi DPRD Kabupaten Lamongan yang telah memberikan saran, masukan dan himbauan atas pembahasan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Lamongan Tahun Anggaran 2022. 


"Pada Tahun 2022, pelaksanaan APBD lebih fokus terhadap penguatan pondasi ekonomi yang ditunjukkan dengan semakin meningkatnya beberapa indikator ekonomi makro. Selain itu arah kebijakan APBD difokuskan untuk pembangunan dan perbaikan infrastruktur, penanggulangan kemiskinan, penanganan stunting, pemerataan aksesibilitas pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat," ucap Pak Yes. 


Terhadap permintaan penjelasan dan perhatian terhadap pendapatan asli daerah yang mengalami penurunan, Bupati Yes menjelaskan, bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh menurunnya klaim BPJS Kesehatan terhadap penanganan Covid-19, namun di sisi komponen pajak daerah dan retribusi daerah mengalami kenaikan yang signifikan. 


Sementara, atas saran terhadap peningkatan lain-lain PAD yang sah, lanjut Pak Yes, pihanknya akan terus meningkatkan pengelolaannya secara profesional, transparan, akuntabel dan mendorong aktivitas perekonomian masyarakat, serta dibarengi dengan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Termasuk upaya meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi untuk menaikkan pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan yang sah. 


"Pemerintah Kabupaten Lamongan telah melakukan rekonsiliasi guna mengetahui cara tepat penerimaan pendapatan transfer juga potensi atau target yang dapat dianggarkan pada tahun berikutnya. Selain itu dilakukan koordinasi dan kerjasama dengan pemerintah provinsi untuk meningkatkan penerimaan bagi hasil dan bantuan keuangan," imbuhnya. 


Pak Yes juga menyampaikan, ucapan terima kasih atas masukan terkait belanja daerah atas realisasi serapan belanja hibah dan bantuan sosial yang masih di bawah target. Menurutnya, kebijakan pengalokasian anggaran dalam memberikan bantuan hibah dan bantuan sosial sesuai dengan usulan yang masuk, demikian pula dengan proses pencairan disesuaikan dengan dokumen kelengkapan administrasi dalam proses pengajuannya. 


Selanjutnya, dihadapan anggota dewan yang hadir, Pak Yes menjawab pertanyaan mengenai harga pupuk. Disampaikan Pak Yes, bahwa Pemerintah Kabupaten Lamongan hingga saat ini terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk pemenuhan kebutuhan pupuk di Lamongan. 


"Kami terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk pemenuhan kebutuhan pupuk di Lamongan. Di samping itu, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian terus melakukan pendampingan dan pelatihan pemanfaatan pupuk organik dan agen hayati pada petani," pungkasnya.