Juli

14

 2023

Opening Ceremony Musabaqoh Qira'atil Kutub Nasional 2023 di Lamongan Berlangsung Meriah

 prokopim
 271
 14-Juli-2023

Opening Ceremony Musabaqoh Qira'atil Kutub Nasional 2023 di Lamongan Berlangsung Meriah


Musabaqoh Qira'atil Kutub Nasional (MQKN) 2023 di Kabupaten Lamongan resmi dibuka oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI M. Ali Ramdani, Selasa (11/7/2023) malam.  


Opening ceremony MQKN 2023 di Pondok Pesantren Sunan Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan tersebut, dimulai dengan penampilan Tari Kolosal Catur Piwulang oleh 99 santri Sunan Drajat, tari kolosal ini mengisahkan syiar Kanjeng Sunan Drajat di wilayah Pantura Lamongan.


Tak hanya itu, pembukaan yang dihadiri secara langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan jajaran Pemkab Lamongan ini, juga ditampilkan defile kafilah secara daring dari 34 provinsi lengkap menggunakan baju adat masing-masing provinsi seluruh Indonesia. 


Pada sambutannya, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI M. Ali Ramdani mengungkapkan, MQKN telah memberikan dampak besar bagi peradaban pesantren dalam membangun kecintaan terhadap Al-Qur'an dan pemahaman terhadap kitab-kitab kuning sebagai rujukan tradisi keilmuan Islam di pesantren. 


Lebih lanjut, Ali Ramdani mengatakan, bahwa pelaksanaan MQKN kedepannya diharapkan tidak hanya menjadi acara seremonial saja, namun menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis. 


"Rekontekstualisasi keagamaan menjadi bagian penting, kita melihat banyak sekali masyarakat memahami agama secara leksikal dan itu menjadi komunitas dan itu kerab kali menjadi kesalahpahaman. Dari pesantren kita belajar bahwa santri-santri memeiliki potret wajah ramah tidak marah, dia yang mengajak bukan mengejek, dia mencinta tanpa mencerca, dia merangkul tanpa memukul. Pesantren menjadi kawah latih untuk menempa diri generasi kita," ucapnya. 


Dirjen Ali Ramdani juga berharap, selain sebagai ajang perlombaan untuk menjadi juara, momen ini juga baik untuk dijadikan pembelajaran dan membuka cakrawala baru bagi para santri. 


"Ingatlah bahwa setiap kontestasi dibidang keilmuan menghasilkan pemenang dan orang yang perlu belajar kembali. Jadi tidak ada yang kalah. Tapi yang belum beruntung menang dia harus belajar kembali mendalami ilmu lebih giat lagi, sportif itu harus, menang itu bonus. Kami santri bangga menjadi Indonesia. " Imbuhnya.


Wakil Gubernur Jawa Timur Email Elestianto Dardak dalam kesempatan tersebut, mengungkapkan rasa syukurnya atas diselenggarakan kembali MQKN tahun 2023 yang dimulai tanggal 10 hingga 18 Juli mendatang. 


"Kami merasa bersyukur bahwa ajang MQKN diselenggarakan kembali. Mudah-mudahan para santri pesantren menjadi kutub/kutbi (pemimpin) dan grafiti (penulis) untuk peradaban di bumi indonesia. Untuk itu kita melihat generasi muda yang berilmu dan berakhlak dan ber etos kerja tinggi akan lahir dari delegasi MQKN ini," tutur Wagub Emil. 


Sementara itu, dijelaskan Ketua Panitia MQKN Prof Waryono Abdul Ghofur, kegiatan yang bertajuk 'Rekonstruksi Turats untuk Peradaban dan Kerukunan Indonesia' ini diikuti 2.195 santri dan mahasantri dari 34 kafilah provinsi dan 1 kafilah tuan rumah yang akan mengikuti berbagai cabang MQKN sesuai tingkatannya, mulai dari wusta, ulya dan ma'had ali. Dengan cabang keilmuan seperti ilmu fikih, nahwu, tarikh, tafsir, balagoh, ba'sul kutub, lalaran ibnu malik dan masih banyak lainnya. 


"Diselenggarakannnya MQKN tak lain sebagai upaya menguji kemampuan para santri dalam membaca, memahami dan menterjemahkan kitab kuning yang selama ini menjadi rujukan tradisi pembelajaran di pesantren," pungkasnya.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023