Februari

20

 2024

Bupati YES Kolaborasikan dan Percepat Pembangunan Bersama TMMD

 prokopim
 153
 20-Februari-2024

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi membuka pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Tahun 2024, Selasa (20/2), di Lapangan Desa Brengkok, Kecamatan Brondong. Melalui pelaksanaan TMMD, diharapkan terjadi percepatan pembangunan melalui kolaborasi antara TNI, Polri, Pemda, dan komponen masyarakat.


Bupati YES menyampaikan apresiasinya kepada TNI khususnya Kodim 0812/Lamongan yang telah menginisiasi kolaborasi melalui TMMD. Bupati YES yakin TMMD akan memberi dampak yang luar biasa bagi masyarakat.


“Melalui TMMD akan tertanam nilai gotong royong antara TNI dan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan negara. Saya yakin semua masalah berat akan terasa ringan. Karena hadirnya kegiatan ini sebagai respons terhadap permasalahan di masyarakat dengan pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik melalui pendekatan inklusif,” tambahnya.


Bupati YES berharap dengan adanya TMMD pembangunan akan menjadi lebih baik karena terjadi kolaborasi antar komponen. Hal ini sudah terbukti dengan kepuasan berbagai wilayah yang pernah menjadi lokasi TMMD.


“Banyak desa yang ingin agar TMMD diselenggarakan di wilayahnya. Hal ini mengindikasikan bahwa TMMD berhasil dan masyarakat senang dengan kegiatan ini. Karena ini dikerjakan banyak pihak stakeholder, sehingga hasilnya akan lebih baik lagi, juga karena banyak swadaya, kegotongroyongan, dan swakelola,” ungkap Pak YES.


Ditambahkan oleh Dandim 0812, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan kegiatan TMMD dilaksanakan secara serentak di Indonesia oleh 50 Satgas yang salah satunya adalah di Kabupaten Lamongan. Pelaksanaan TMMD akan berjalan selama 1 bulan yakni dari 20 Februari hingga 20 Maret 2024.


“Tujuan TMMD ini untuk mempercepat pembangunan wilayah. Sasaran yang paling penting adalah bagaimana dengan TMMD ini kita bisa memelihara dan memupuk semangat gotong royong, itu yang paling penting,” imbuhnya.


Disampaikan oleh Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) TMMD, Lambangwan Cahyono, 150 personel TNI dengan dibantu oleh Polri akan diturunkan dalam pelaksanaan TMMD. Pasukan juga diperkuat dengan bantuan dari Linmas 2 orang, masyarakat 35 orang, dan Ormas sejumlah 5 orang.


Sasaran kegiatan TMMD ke-119 ini berupa fisik dan nonfisik. Pembangunan fisik akan dilaksanakan berupa pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1000 meter dengan lebar 4 meter dan tinggi 0,20 meter. Selain itu, juga akan dilaksanakan pengerukan embung serta renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 10 unit sebagai sasaran tambahan.


Sementara itu, untuk sasaran nonfisik dilakukan dengan pemberian penyuluhan dan pelayanan publik. Pelayanan yang tersedia di antaranya adalah perpustakaan keliling, administrasi kependudukan, perpanjangan SIM dan STNK, pengobatan gratis, hingga operasi pasar murah.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023