Desember

21

 2023

Operasi Lilin Semeru Siap Mengamankan Natal dan Tahun Baru

 prokopim
 71
 21-Desember-2023

Lamongan, Prokopim - Guna menjamin keamanan pada perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Kepolisian Resor Lamongan akan menjalankan Operasi Lilin Semeru 2023, yang pada hari Kamis (21/12) dilakukan Apel Gelar Pasukan di Alun-Alun Lamongan. Apel ini bertujuan sebagai pengecekan kesiapan pasukan serta sarana-prasarana menjelang pelaksanaan operasi pada 22 Desember 2023 - 2 Januari 2024.

Bertindak sebagai Pimpinan Apel, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi melakukan pengecekan kesiapan pasukan dan sarana-prasarana secara langsung dengan ditemani oleh Kapolres Lamongan dan Dandim 0812/Lamongan. Setelah itu, Bupati Lamongan melakukan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan pasukan sebagai simbol kesiapan menjalankan operasi.

Membacakan amanat dari Kapolri, Bupati YES menerangkan bahwa pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini butuh perhatian lebih serius mengingat tingkat kerawanan yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

“Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107.63 juta orang, meningkat sebesar 143,65 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, Perayaan Nataru tahun ini Juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi,” jelas Bupati YES.

Disampaikan oleh Kapolres Lamongan AKBP Yakhob AKBP Yakhob Silvana Delareskha, S.I.K., M.Si., selain pengamanan dan penertiban konvoi, Operasi Lilin Semeru juga melakukan pengaturan lalu lintas demi lancarnya mobilitas masyarakat selama Nataru.

“Untuk titik rawan kepadatan ada di wilayah Babat dan wilayah rel kereta api Lamongan, itu kita akan intensif melakukan pencairan arus lalu lintas,”  tambahnya.

Setelah pelaksanaan apel, dilakukan pula pemusnahan barang bukti hasil Operasi Cipta Kondisi menjelang Nataru yang dilaksanakan sejak 27 November hingga 20 Desember 2023. Barang bukti yang dimusnahkan di antaranya adalah minuman keras sebanyak lebih dari 2.500 liter dan knalpot brong sebanyak 92 buah. Operasi Cipta Kondisi ini diharapkan mampu menciptakan rasa aman dan nyaman pada masyarakat saat perayaan Nataru.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023