Desember

05

 2023

Kendalikan Inflasi Daerah Jelang Nataru, Pemkab Lamongan Gelar High Level Meeting

 prokopim
 220
 05-Desember-2023

Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, fluktuasi harga sering terjadi karena naiknya permintaan konsumsi pada momen tersebut. Di Kabupaten Lamongan, guna memantau ketersediaan pasokan juga stabilitas harga pangan di masyarakat, Pemkab Lamongan pada Selasa (5/12) menggelar pelaksanaan High Level Meeting (HLM) dalam rangka pengendalian inflasi menghadapi Nataru (Natal dan Tahun Baru) di Ruang Command Center.



Membuka pelaksanaan HLM, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan bahwa semua sektor harus saling terlibat dan bersinergi dalam ketersediaan pangan dan pengendalian kenaikan harga kebutuhan pokok. Dikatakan Pak Yes, hal tersebut mengingat bahwa permintaan pada momen Nataru akan lebih meningkat dibanding hari-hari biasa, yang dapat menyebabkan terganggunya pasokan baik di hulu (sisi produsen), perantara (pedagang besar, distributor), maupun di hilir (pada tingkat eceran).


"Diharapkan OPD teknis juga harus turun langsung untuk melakukan pengecekan ke distributor dan pasar mengenai kestabilan harga dan pasokan, guna mengendalikan inflasi. Setelah kegiatan ini saya minta seluruh dinas bekerja ekstra agar masyarakat tidak mengalami kecemasan, karena saat ini beberapa komoditas pangan mulai terjadi kenaikan telur ayam ras, daging ayam ras, cabai rawit, cabai merah, bawang merah, dan gula, sedangkan harga beras mulai melandai," ucap Pak Yes.


Beliau menambahkan, bahwa untuk mencapai sasaran inflasi nasional perlu penguatan dan optimalisasi strategi 4 K (Keterjangkauan harga, Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi, dan Komunikasi efektif). "Yang termasuk kita lakukan hari ini adalah sebagai langkah-langkah untuk kita terus melakukan komunikasi, baik dalam penguatan maupun optimalisasi terhadap pengendalian inflasi," imbuhnya.


Untuk menekan inflasi, menjaga ketersediaan bahan pangan, dan stabilisasi harga, Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Tim TPID dan OPD Teknis secara rutin melakukan sidang di pasar rakyat/umum dan distributor, melakukan operasi pasar, operasi pasar murah, melakukan Gerakan Pangan Murah, juga melaksanakan arahan Menteri Dalam Negeri RI dengan upaya gerakan menanam, pemberian bantuan bibit pada 27 kecamatan.


Pada kegiatan tersebut dihadirkan pula narasumber dari Deputi Direktur Bank Indonesia provinsi Jatim Yayat Cadarajat, dan Pimpinan Cabang Perum Bulog Divre Bojonegoro Ferdian Darma Atmaja. (dir)

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023