November

16

 2023

Fraksi-Fraksi DPRD Lamongan Dukung Pembangunan Sektor Utama RAPBD 2024

 prokopim
 113
 16-November-2023

Lamongan, Prokopim-Memasuki Hari Kedua dalam rangka Penyampaian Pandangan Umum Fraksi atas Raperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024 yang dihadiri langsung Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di Ruang Rapat DPRD Lamongan, Kamis (16/11/2023), tujuh fraksi partai yang terdiri dari Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Fraksi Persatuan Nasional Rakyat Indonesia (PNRI) menyatakan dukungannya terhadap pembangunan Kabupaten Lamongan pada tahun 2024 mendatang.


 


Seperti yang disampaikan Ali Afandi, juru bicara Fraksi PKB mengungkapkan persetujuannya perihal pembangunan Kabupaten Lamongan yang berfokus pada energi dan tujuh sektor utama (infrastruktur, kesehatan, pendidikan, teknologi informasi, perindustrian, pertanian, serta politik dan ketertiban umum).  


 


Sektor infrastruktur misalnya, Fraksi PKB berharap perbaikan dan pemeliharaan jalan yang mengalami kerusakan parah segera direalisasikan, pun demikian dengan sektor pertanian, dimana pihaknya sangat setuju dengan adanya dukungan dari pemerintah melalui alat-alat pertanian hingga dukungan terhadap penyediaan pupuk.  


 


“Fraksi PKB sangat setuju dengan adanya dukungan dari pemerintah melalui alat-alat pertanian dan mesin pertanian, peningkatan jalan usaha tani, jaringan irigasi tingkat usaha tani dan dukungan kepada penyediaan pupuk dan pemberian subsidi pupuk yang selama ini sangat dielukan oleh masyarakat Lamongan,” ucap Ali Afandi. 


 


Hal senada juga diungkapkan Fraksi Partai Gerindra melalui jubirnya Imam Fadlli yang mendukung beasiswa untuk meningkatkan kompetensi guru hingga peningkatan kesejahteraan tenaga kependidikan. “Seperti adanya upaya yang terstruktur dan komitmen yang sungguh-sungguh berkaitan dengan program peningkatan kesejahteraan pendidik, khususnya guru-guru non sertifikasi yang berada di madrasah atau sekolah swasta, juga guru TPQ dan guru madrasah melalui pemberian intensif yang selama ini dibagikan setahun sekali,” jelasnya.  


 


Apresiasi juga datang dari FPNRI dalam sektor kesehatan, dimana pihaknya mengapresiasi pemenuhan jumlah operasional mobil sehat yang ada di desa/kelurahan di seluruh wilayah Lamongan.


 


“Meski ada beberapa catatan dalam sektor kesehatan, Fraksi PNRI mengapresiasi terhadap pemenuhan jumlah operasional mobil sehat yang ada di desa-desa dan kelurahan di seluruh wilayah Kabupaten Lamongan,” terangnya.  


 


Sementara itu, terkait pendapatan daerah, fraksi PAN dan PDIP dan Fraksi Golkar menyoroti pendapatan daerah yang mengalami peningkatan sebesar 6,61 persen hasil dari komponen PAD yang meningkat sebesar 6,72 persen dan pendapatan transfer sebesar 6,74. Sedangkan lain-lain pendapatan daerah yang sah mengalami penurunan.


 


Sedangkan dari sisi belanja daerah, Fraksi Demokrat berharap pemerintah daerah dapat memanfaatkan penggunaan anggaran dengan tepat guna, tepat waktu, tepat sasaran dan memenuhi kriteria pada skala prioritas agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


 


 


 


PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023