November

15

 2023

Terapung Lama dan Lumbung Pangan Lamongan, Bentuk Inovasi dari Lamongan untuk Kepedulian Ketahanan Pangan

 prokopim
 129
 15-November-2023

Hadir dalam Peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-43 Provinsi Jawa Timur Tahun 2023, di JX Internasional Convention Exibition Surabaya pada Rabu (15/11), Bupati Yuhronur Efendi menerima Penghargaan Award Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2023 Kategori Bidang Ketersediaan Pangan, dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Penghargaan ini diberikan atas bentuk kepedulian yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lamongan terhadap ketahanan pangan, melalui inovasi Terapung Lama (Ternak Ayam Kampung Lamongan Maju) dan Lumbung Pangan Lamongan.


Diungkapkan Bupati Yes, bahwa kepedulian Lamongan yang diwujudkan dalam bentuk berbagai inovasi khususnya inovasi Terapung Lama dan Lumbung Pangan ini, dilaksanakan untuk menumbuhkan kedaulatan dan kemandirian pangan pada masyarakat Lamongan. Selain Lumbung Pangan sebagai wadah stok cadangan pangan, Terapung Lama juga diciptakan untuk memenuhi kebutuhan protein bagi masyarakat kurang mampu (ketahanan pangan pengganti prorein hewani dari sapi) dengan mengajak Ibu Rumah Tangga untuk beternak Ayam Buras, sehingga selain mampu membantu stok ketahanan pangan di Lamongan, membantu memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat (daging dan telur ayam), juga mampu berdampak pada peningkatan status perekonomian.


"Alhamdulillah inovasi Lamongan sebagai bentuk kepedulian terhadap ketahanan pangan ini diapresiasi oleh Bu Gubernur. Tentu ini melalui proses yang panjang, Oktober kemarin juga dilakukan verifikasi lapangan, langsung tim penilai datang ke Lamongan. Tadi juga disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim Pak Dydik Rudi Prasetya, bahwa ini melalui proses seleksi oleh pihak profesional dari lingkup pertanian, perguruan tinggi, dan stakeholder terkait," terang Pak Yes.


Dalam Program Terapung Lama dilakukan pula pelatihan vaksin mandiri kepada masyarakat terhadap ternak ayam kampung yang dipelihara. Tidak hanya itu, juga diberikan pendampingan untuk tenaga vaksinator, serta diberikan bantuan obat serta vaksin untuk ternak. Hingga saat ini berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan terdapat 7 kelompok yang telah dilatih, dan berhasil menghasilkan kurang lebih 2000 ekor ayam buras, yang ini masih akan terus berkembang.


Data dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Lamongan juga mencatat sebanyak kurang lebih 200 lumbung pangan yang dimiliki Lamongan mampu menyimpan stok cadangan 1.584,67 ton pada tahun 2022. Selain itu, berdasarkan Berita Resmi Statistik Provinsi Jatim pada 16 Oktober 2023, angka sementara produksi beras Lamongan mencapai 797.015 ton gabah kering giling, dengan luas panen 139.426 hektar.


"Semoga prestasi ini akan dapat terus kita jaga, kita tumbuh kembangkan, terus kita jaga pula produktivitas pertanian dan peternakan kita, juga sinergitas dengan berbagai pihak termasuk petani milenial muda, untuk menguatkan kontribusi dalam menjaga ketahanan pangan tidak hanya di Lamongan , di Jawa Timur, tapi juga ketahanan pangan nasional, seperti yang diharapkan Gubernur Khofifah," pungkas Pak Yes. (dir)

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023