Oktober

20

 2023

Gedung Planetarium dan Observatorium Astronomi Karangasem Lamongan Diresmikan

 prokopim
 129
 20-Oktober-2023

Lamongan, Prokopim - Gedung Poskal (Planetarium dan Observatorium Astronomi Karangasem Lamongan) Pondok Pesantren Muhammadiyah Karangasem Paciran, Jum'at (20/10) secara langsung diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Gedung yang mulai dibangun sejak 1 Muharram 1444 H lalu ini, diungkapkan Gubernur Khofifah berawal dari perbincangan santai antara beliau dengan Pengasuh Pondok Pesantren Muhammadiyah Karangasem KH. Abdul Hakam Mubarok.


Dalam perbincangan santai tersebut, Kyai Mubarok bercerita tentang Planetarium Jogja dan menyampaikan keinginannya untuk memanfaatkan lahan yang ada di lingkungan Ponpes Karangasem, untuk membangun gedung eksperimen sekaligus destinasi wisata. Dimana lahan ini sangat strategis di ketinggian tertentu, dekat pantai juga terkoneksi dengan wisata WBL, dan wisata religi lain seperti Sunan Drajat dan Sunan Sendang Duwur.


"Secara saintifik, Pondok Pesantren Muhammadiyah Karangasem telah memberi inspirasi bagi kita semua, bahwa pesantren ini telah menjadi referensi bagaimana bersama-sama masyarakat kita bisa terus membangun penguatan derajat kemuliaan kehidupan kemanusiaan melalui penguasaan keilmuan. Implementasi keilmuan itu bisa dibangun dengan proses pembelajaran yang masyarakat umum bisa melakukan proses eksperimentasi seperti di sini," kata Bu Khofifah.


Pada kesempatan tersebut Bu Khofifah juga meminta masterplan kelanjutan Poskal yang direncanakan akan menjadi sentra destinasi wisata religi. Ditambahkan beliau bahwa setelah Trans Jatim Koridor 3 diluncurkan beberapa saat lalu, akan pula segera diluncurkan Trans Jatim Koridor 4 dengan tujuan Gresik-Lamongan, dengan demikian wisata-wisata ini akan terkoneksi sekaligus memberikan kemudahan dan kenyamanan masyarakat dalam menikmati transportasi publik.


Pengasuh Pondok Pesantren Muhammadiyah Karangasem KH. Abdul Hakam Mubarok menyampaikan bahwa Planetarium ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai tempat pelaksanaan rukyatul hilal namun juga sebagai tempat observasi astronomi, studi terkait tata surya juga benda langit lainnya, untuk lebih mengenal kebesaran Allah.


"Gedung ini sangat membantu bagi masyarakat, karena gedung ini akan digunakan untuk rukyatul hilal, tempat ini bisa dipakai siapapun, untuk wisata religi, observasi, melihat planet-planer dan benda angkasa lainnya. Di tanah dengan luas sekitar 1,5 hektar ini tdak hanya akan ada Poskal yang dibangun, tapi rencananya juga miniatur Makkah dan Madinah," ungkap Kyai Mubarok.


Hadir pula pada kesempatan tersebut, anggota DPR RI Zainuddin Maliki, Sekretaris Daerah Lamongan Moh. Nalikan, dan Ketua Pimpinan Muhammadiyah Jatim Sukadiono. (dir)

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023