Oktober

05

 2023

Drama Kolosal Hingga Pertunjukan Silat Warnai HUT 78 TNI di Lamongan

 prokopim
 142
 05-Oktober-2023

Upacara Peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Ke-78 TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang dilaksanakan setiap tanggal 5 Oktober di seluruh Indonesia, tahun ini di Lamongan dilaksanakan secara meriah. Upacara yang digelar di Alun-alun Kota Lamongan pada Kamis (5/10) ini tidak hanya dilakukan secara seremonial khidmat, namun juga sarat akan makna karena menyatukan berbagai budaya masyarakat, diantaranya Lantunan Sholawat, Pagelaran Seni Drama Kolosal, juga Partunjukan Silat oleh IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). 


Mengambil tema 'TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju', hal ini mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama 

pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya, dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.


Berperan sebagai inspektur upacara Komandan Kodim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan, menyampaikan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Selain menyampaikan maksud tema Peringatan HUT TNI yang diangkat karena salah satu tantangan terbesar yang akan dihadapi bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024, beliau juga menyampaikan 5 pesan yang menjadi penekanan Laksamana Yudo Margono.


"Beberapa penekanan saya untuk dipedomani yakni pertama tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI serta menjaga kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI; laksanakan komitmen netralitas TNI; jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan berbagai pihak demi tercapainya stabilitas keamanan; dan jaga nama baik TNI," pesan Dandim Ketut Wira Purbawan menyampaikan amanat Panglima TNI.


Setelah pelaksanaan upacara, undangan serta masyarakat kemudian dihibur dengan Pagelaran Drama Kolosal bertajuk Perjuangan Kadet Suwoko oleh pelajar dibawah naungan Dinas Periwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan. Tak hanya itu, atraksi Pencak Silat dari berbagai perguruan di Kabupaten Lamongan yang tergabung dalam IPSI juga turut menyuguhkan penampilan memukau.


Hadir pula mewakili Bupati Lamongan, Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf pada kesempatan tersebut memberikan sertifikat penghargaan bagi perguruan pencak silat yang berpartisipasi sebagai penampil, juga menyerahkan penghargaan bagi para pemenang berbagai perlombaan dalam rangkaian Peringatan HUT ke-78 TNI di Kabupaten Lamongan.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023