Oktober

18

 2022

Tips Hindari Spam

 diskominfo
 558
 18-Oktober-2022

Salah ancaman potensial yang selalui mengintai pengguna internet adalah adalah spam. Menurut internetsehat.id dalam buku Pedoman Berinternet Aman, Nyaman, dan Bertanggungjawab, spam adalah email sampah yang kerap datang bertubi-tubi ke mailbox kita, tanpa dikehendaki. Isi dari spam tersebut bermacam-macam, dari sekedar menawarkan produk/jasa hingga penipuan berkedok bisnis kerja sama, tawaran multilevel marketing dan iklan-iklan yang tidak dikehendaki. Spam termasuk ke dalam daftar masalah keamanan yang serius karena dapat digunakan untuk mengirimkan trojan, virus, worm, spyware, dan sasaran serangan phishing.

Bagaimana kita menghindari spam? Berikut ini beberapa kiat jitu menghindari spam menurut internetsehat.id:

  1. Tak usah merespons, menjawab, atau membalas email yang dikirim dari orang yang tidak kita kenal.
  2. Waspadalah mengirimkan email. Melakukan “remove”, “unsubscribe” atau sejenisnya ke pengirim spam (spammer) justru akan memberikan informasi bahwa email kita aktif kepada mereka, yang akan berakibat semakin membanjirnya spam ke mailbox.
  3. Jangan pernah membuka atau klik link situs yang ditawarkan atau diinformasikan oleh email yang kita tak kenal pengirimnya.
  4. Buatlah dan gunakan alamat email yang berbeda untuk tiap keperluan, bedakan email yang digunakan untuk keperluan pribadi (termasuk keperluan sekolah ataupun keperluan pekerjaan) dengan email untuk keperluan mendaftar di mailing list tertentu atau mengisi suatu formulir online di sebuah situs.
  5. Hindari memberikan alamat email pribadi ke sembarang orang, termasuk memasangnya di media sosial.
  6. Apabila diperlukan, pasang software anti spam di komputer kita.
  7. Aktifkan fitur anti spam di layanan email yang Anda lakukan. Biasanya account email di Yahoo, Gmail, ataupun Hotmail memiliki fitur anti spam. Sejumlah ISP terkemuka di Indonesia juga telah melindungi email para pelanggannya dengan anti spam. Tanyakanlah kepada ISP langganan Anda.
  8. Bacalah informasi terkini tentang perkembangan spam secara global/internasional serta penanggulangannya di situs www.spamhaus.org.


Referensi:


PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023