April

25

 2024

Insan Pers Harus Perkuat Esensi Peran Pers.

 diskominfo
 81
 25-April-2024



Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berpesan kepada seluruh insan pers untuk memperkuat esensi dengan menjiwai perannya. Hal tersebut disampaikan dalam Resepsi HPN 2024, HUT Ke 78 PWI dan Halal bi Halal di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan.

“Peran pers yang sesungguhnya secara subtansial maupun esensial, sehingga pers bermakna dalam setiap sendi-sendi kehidupan masyarakat,” tutur Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan, Rabu (24/4/2024). 

Produk Pers harus mampu membangkitkan semangat masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan di daerahnya. Apa pun kebijakan pemerintah khususnya di Kabupaten Lamongan tidak mungkin akan mengorbankan warganya.   

Kita ambil contoh, kebijakan kerjasama antar pemerintah daerah yang sudah diatur undang-undang akan senantiasa menguntukan duabelah pihak dan tentu akan membawa manfaat untuk warganya. Juga terhadap berita-berita bohong, pers juga harus mampu membantu untuk meluruskan. 

Sementara itu Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Lutfi Hakim mengatakan, peran pers sesungguhnya bukan sesuatu hal yang mudah. Sebab, terdapat berbagai aturan yang mengikat profesi jurnalis tersebut. 

Meski demikian, aturan tersebut menjadi pedoman bagi insan pers untuk menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas dan mampu dipertanggungjawabkan. 

“Semua aturan yang memaksa sebenarnya bahwa produk jurnalistik harus berkualitas, bertanggungjawab. Pers tidak boleh salah apalagi di era digital saat ini. Produk digital,  jejak digital tidak bisa hilang. Jadi HPN harus di maknai dan di khitmati bukan sekedar senang-senang saja, tetapi kita bersama-sama kembali pada profesi yang betul -betul harus dijunjung marwahnya dan kita banggakan,” ucapnya. 

Rangkaian hari pers nasional yang digelar PWI Lamongan telah berlangsung sejak 9 Februari lalu dengan mengusung berbagai agenda mulai dari donor darah, peningkatan kualitas jurnalisme, operasi pasar, bedah rumah sebanyak 5 unit, hingga lainnya. 

Sementara, dalam puncak HPN tahun 2024 PWI Lamongan menganugrahkan tokoh penggerak kebudayaan dan ekonomi kerakyatan kepada Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang diserahkan oleh Ketua PWI jatim  Lutfi Hakim. Serta, Kapolres Lamongan atas keberhasilan dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman, damai, dan kondusif selama pelaksanaan pemilu tahun 2024. Ketua Pengadilan Negeri Lamongan sebagai mitra kerja mendukung kesuksesan kerja jurnalistik dan kemerdekaan pers, hingga berbagai pernghargaan lainnya.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023