Juli

07

 2022

Keluarga Pilar Kesejahteraan Bangsa

 diskominfo
 961
 07-Juli-2022


Peringatan puncak Hari Keluarga Nasional Ke-29 dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se Indonesia,  Kamis (7/7). Dipusatkan di Medan, peringatan dihadiri secara langsung Presiden Republik Indonesia,  Joko Widodo. Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, keluarga merupakan pilar kesejahteraan bangsa dan keluarga merupakan ekosistem utama.

"Saya percaya bahwa keluarga adalah pilar kesejahteraan bangsa. Keluarga merupakan ekosistem pertama dan utama dalam mengasuh dalam mendidik dalam membentuk manusia yang sehat manusia yang bergizi manusia yang berkualitas," tutur Jokowi

Presiden Jokowi menambahkan, dalam membentuk kesejahteraan keluarga, perlu dilakukan tindakan menjaga kesehatan lingkungan baik di dalam maupun di sekitar lingkungan keluarga. Menurut Jokowi, keluarga di seluruh Indonesia utamanya yang berada di perdesaan dapat memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam dan beternak, hal tersebut dapat meningkatkan asupan gizi anak-anak. 

"Jangan sampai ada lahan kosong, gunakan untuk memproduksi kebutuhan pangan sehari-hari dan meningkatkan asupan gizi anak-anak kita," tambah Jokowi

Berbicara tentang stunting, Jokowi berkeyakinan penanganan stunting yang dilakukan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah akan segera membuahkan hasil jika seluruh masyarakat turut bergerak memerangi stunting. 

"Saya yakin jika seluruh keluarga dan masyarakat kita bergerak, upaya penanganan stunting yang dilakukan pemerintah saat ini, baik tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota ini akan cepat membuahkan hasil,” ujar Jokowi. 

Senada dengan Jokiwo, Kepala BKKBN Republik Indonesia Hasto Wardoyo, mengatakan untuk mencapai target 14%  stunting di Indonesia  di tahun 2024 diperlukan kolaborasi antar sektor, dan perlu adanya pendekatan dari hulu hingga hilir serta beberapa faktor penanganan dari lingkungan, diantaranya sanitasi.

“Juga yang tidak kalah pentingnya adalah faktor nutrisi kesehatan dan imunisasi juga program-program kesehatan lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, BKKBN pusat terus memberikan pemahaman dan pendampingan keluarga yang dikenal dengan tim pendamping keluarga.

Wakil Bupati Lamongan Abdul Ro'uf, usai mengikuti secara virtual peringatan Harganas di Command Center Pemkab Lamongan, menyerahkan secara langsung penghargaan kepada Desa Deketagung Kecamatan Sugio, yang telah berhasil meraih juara kedua lomba Kampung KB tingkat provinsi, serta penghargaan kepada Mita Dwi Ayunda atas perolehan juara kedua Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Provinsi.

Pada kesempatan tersebut Abdul Ro’uf berharap, penghargaan yang telah dicapai tersebut dapat menjadi motivasi bagi desa lain untuk berprestasi.

“Selamat kepada yang telah menerima penghargaan, semoga prestasi ini bisa menjadi cambuk bagi lainnya untuk berprestasi pula,” harap Ro’uf. 

Menandai peringatan  Hari Keluarga Nasional, Ro’uf melakukan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lamongan,  dr. Fida Nuraida.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023