Januari

09

 2022

Festival Difabel, Momen Menuju Lamongan Inklusif dan Ramah Difabel

 diskominfo
 740
 09-Januari-2022




Masih dalam momen Hari Difabel Internasional yang diperingati setiap  Bulan Desember, komunitas difabel Kabupaten Lamongan menggelar acara festival difabel megilan, Minggu ( 9/1) di depan Pendopo Lokatantra Lamongan.

Khoirul Idzom selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan,  kegiatan tersebut bukan semata karena momentum hari difabel internasional, namun ingin menunjukkan kegiatan yang merupakan produk lokal nya Lamongan.

"Kegiatan ini merupakan inisiatif dari semua organisasi difabel di Kabupaten Lamongan, kalo peringatan hari difabel internasional sudah pernah, karenanya kami ingin ada kegiatan yang merupakan produk lokal nya Lamongan," ujar Irul .

Lebih lanjut Irul menjelaskan, festival difabel megilan digelar untuk menghidupkan kreatifitas penyandang difable Lamongan, dan ke depan Lamongan bisa inklusif serta ramah disabilitas.

"Kami berharap ke depan ada festival difabel kedua, ketiga dan seterus nya yang bertepatan dengan momentum Hari Jadi Lamongan, bukan hanya momentum hari difabel internasional," harap Irul.

Irul menambahkan harapannya Perda Disabilitas di Kabupaten Lamongan segera bisa dikerjakan bersama-sama agar menjadi Peraturan Daerah.

Sementara Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, saat membuka acara tersebut, menyambut baik kegiatan yang digelar untuk pertama kalinya tersebut. Menurut Pak Yes, festival difabel megilan merupakan momentum untuk mengingat kan dan memberitahu kan kepada kita semua bahwa difabel memiliki hak yang sama dengan seluruh penduduk di Indonesia yang dilindungi dengan undang-undang.

Karenanya, kata pak Yes, melalui festival difabel megilan ini, bertekad untuk menuju Lamongan yang inklusif. 

" Lamongan yang inklusif itu maksud nya, pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Lamongan dipersembahkan tidak hanya yang non difabel tapi yang difabel juga dapat merasakan hasil-hasil pembangunan di Kabupaten Lamongan," terang Pak Yes .

Kegiatan tersebut, kata pak Yes juga momentum untuk Kabupaten Lamongan ramah difabel, di mana setiap membuat kebijakan juga memperhatikan kebutuhan difabel. pak Yes mencontohkan keberadaan fasilitas umum yang diberikan tanda-tanda  yang dapat dimengerti oleh penyandang difabel

" Misalnya di trotoar ada tanda khusus untuk penyandang tunanetra, juga adanya toilet-toilet khusus penyandang disabilitas, itu semua kita perhatikan untuk menuju Lamongan ramah difabel," tambah pak Yes.

Senada dengan Khoirul Idzom, Pak Yes mengajak kepada semua pihak untuk bertekad agar Perda tentang Disabilitas segera disahkan agar segera dimiliki Peraturan Daerah tentang yang  mengatur tentang disabilitas.

Diakhir sambutannya Pak Yes kembali mengingatkan bahwa difabel adalah bagian dari kita semua.

"Sekali lagi ini momentum yang luar biasa, yang mengingatkan kepada kita semua bahwa difabel adalah bagian dari kita semua," ujar Pak Yes.

Pada kesempatan tersebut Bupati Yuhronur Efendi didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan Moh.Nalikan dan sejumlah Kepala OPD terkait, berkesempatan menyaksikan beberapa  pertunjukan yang ditampilkan oleh penyandang disabilitas, diantara nya pantomim, serta mengunjungi stand-stand kuliner dan kerajinan hasil kreatifitas penyandang disabilitas. Hadir pada kesempatan tersebut 100 orang penyandang disabilitas dari usia pelajar, mahasiswa hingga usia kerja.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023