April

02

 2024

Semarakkan Ramadhan 1445 H dengan Penyaluran Bansos ke Seluruh LKSA Lamongan

 diskominfo
 168
 02-April-2024


Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lamongan ke 52, PKK Kabupaten Lamongan salurkan bantuan sosial kepada seluruh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang ada di Kabupaten Lamongan, Selasa (2/4) di Pendopo Lokatantra pagi ini.


Menyerahkan bantuan secara langsung kepada Ketua Forum LKSA Lamongan Nadzir, Bupati Lamongan menuturkan bahwa sesuai dengan UU pasal 34 ayat 1, fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara. Jadi penyerahan bantuan seperti yang dilakukan pagi ini menjadi sebuah kewajiban, terlebih di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.


“Penyaluran bantuan kepada anak yatim tentu menjadi prioritas Pemkab Lamongan, karena sesuai dengan aturannya bahwa anak yatim dan fakir miskin menjadi tanggung jawab pemerintah,” tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes usai menyerahkan bantuan kepada empat pulus LKSA yang ada di Kabupaten Lamongan.


Bentuk dukungan kepada anak yatim di Lamongan juga diberikan melalui APBD setiap tahunnya, bantuan tersebut berupa uang yang jumlahnya ialah 150 ribu rupiah/bulan. Di Lamongan sendiri ada 2.672 anak yatim yang dinaungi dalam 40 LKSA. Dalam setiap bulannya seluruh anak yatim juga menerima bantuan dari Kementerian Sosial sebesar 200 ribu rupiah/anak.


Dijelaskan oleh Ketua Forum LKSA Lamongan Nadzir ada 18 LKSA Lamongan yang sudah berhasil berpredikat A, 19 LKSA berpredikat B, Dan 3 LKSA masih berpredikat C. Capaian tersebut menunjukkan bahwa LKSA di Lamongan telah memenuhi standar program, proses layanan, manajemen, sumber daya manusia, sarana prasaranan, dan hasil layanan.


“Saya ucakan terimakasih kepada Ketua LKSA masing-masing yang telah berkontribusi dalam LKSA sehingga menjadikan LKSA Lamongan memenuhi standar nasional,” kata Nadzir.


Selanjutnya Nadzir menerangkan bahwa dana yang dipergunakan LKSA Lamongan 70% dari APBD, ZIS (zakat, infaq, shodaqoh), dan lainnya berasal dari lembaga usaha milik LKSA.


Berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lamongan, pagi ini masing-masing LKSA Lamongan menerima bantuan sosial berupa uang tunai 5,5 juta rupiah, beras 50 kg, mi instan 2 karton, minyak goreng 1 karton, dan 5 kitab suci Al Quran.


“Terimakasih atas kerjasama yang diinisiasi oleh PKK, Alhamdulillah tahun ini jumlah bantuannya meningkat namun belum bisa dikatakan signifikan. Namun akan terus kami usahakan agar selalu ada peningkatan,” ungkap Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lamongan Bambang Eko.


Bambang Eko menyampaikan tahun ini Baznas Lamongan berhasil mengumpulkan 6,48 Miliar. Dari capaian tersebut 92,5% berasal dari ASN di Lamongan.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023