April

01

 2024

Masuk 5 Besar Ibangga Award 2024, Pemkab Lamongan Terus Galakkan Pembangunan SDM

 diskominfo
 45
 01-April-2024

Kabupaten Lamongan masuk 5 besar ibangga (Indeks pembangunan keluarga) award 2024 (penilaian kegiatan 2023). Momen ini dijadikan Pemkab Lamongan untuk terus menggalakkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.


Karena Ibangga ini sendiri menjadi salah satu indikator penting yang digunakan dalam mengukur keberhasilan upaya pembangunan kualitas keluarga yang dapat diklasifikasikan menjadi status pembangunan keluarga tangguh, berkembang dan rentan. 

Selain itu, Ibangga akan memberikan dampak signifikan terhadap kualitas sumber daya manusia. Karena keluarga merupakan unit analisis terkecil di dalam masyarakat yang perlu diketahui secara mikro.


"Pembangunan keluarga menjadi akselerator mewujudkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Dengan SDM yang unggul maka akan mampu melanjutkan pembangunan Lamongan di masa depan," tutur Bupati Lamongan tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menyampaikan paparan pada kegiatan penilaian penilaian kunjungan lapangan Ibangga award 2024, Selasa (1/5) di ruang Command Center.


Pengukuran Ibangga dilihat melalui dimensi ketentraman, kemandirian, dan kebahagiaan untuk menggambarkan peran dan fungsi keluarga di sebuah wilayah. Ketiga dimensi tersebut sudah tercakup dalam 5 misi yang diusung Kabupaten Lamongan, tepatnya pada misi nomor 2 yakni sumber daya unggul dan berdaya saing dan misi nomor 4 yaitu harmonisasi dan kesejahteraan sosial.


Diterangkan oleh orang nomor 1 di Lamongan yang akrab disapa Pak Yes, bahwa pada dimensi ketentraman yang terdiri dari kegiatan ibadah, legalitas keluarga, jaminan kesehatan, keharmonisan keluarga yang relevan dengan program Yakin Semua Sejahtera, 100% layanan berkualitas, Lamongan Sehat, dan Perintis (Pendidikan terintegrasi dan gratis). Sedangkan pada dimensi terdapat interaksi keluarga dan interaksi sosial yang linier dengan program prioritas Yakin Semua Sejahtera, Perintis, dan Lamongan Sehat. Dan pada dimensi kemandirian meliputi pemenuhan kebutuhan dasar, jaminan keuangan, keberlangsungan pendidikan, kesehatan keluarga, dan akses media online relevan dengan program prioritas Yakin Semua Sejahtera, UMKM naik kelas, Perintis, Lamongan Sehat, 100% layanan publik berkualitas.


"Pemkab Lamongan memiliki 11 program prioritas yang sesuai dengan indikator penilaian Ibangga. Diantaranya program Lamongan Sehat dengan Kunjungan Rumah (Laserku), dimana dengan program itu sudah mendekatkan pelayanan kesehatan kepada tiga ribu KK keluarga kurang sejahtera, dan masih banyak lagi," terang Pak Yes.


Dikatakan oleh Ketua Tim Penilai Lapangan Jawa Timur Sofia Hanik pada tahun 2023 indeks pembangunan keluarga Kabupaten Lamongan menempati angka 64,8%, di atas rata-rata Jawa Timur yaitu 61,8%.


"Tahun ini menjadi tahun kedua Kabupaten Lamongan masuk lima besar Ibangga Award. Dimana tahun lalu menjadi juara pertama. Dan tahun ini angka Ibangga Lamongan unggul dibandingkan dengan rata-rata Jawa Timur," kata Sofia.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023