Maret

29

 2024

Nuzulul Quran, Momentum Gelorakan Al-Quran

 diskominfo
 281
 29-Maret-2024




Nuzulul Qur’an atau turunnya Al-Quran merupakan malam peringatan turunnya kitab suci Al-Quran sebagai mukjizat untuk Nabi Muhammad Saw. Peringatan Nuzulul Quran yang jatuh pada 17 Ramadan atau Rabu (27/3) lalu, Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama pengurus Masjid Agung Kabupaten Lamongan menggelar peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Lamongan, Kamis (28/3/2024). 


Diutarakan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, peringatan tersebut menjadi momentum untuk terus menggelorakan ayat-ayat suci Al-Quran sebagai petunjuk kehidupan manusia. 


“Alhamdulillah hari ini kita dapat memperingati Nuzulul Quran, turunnya Al-Quran sebagai petunjuk kehidupan manusia, akan menjadi momen sangat penting bagi perjalanan ibadah kita semua,” tutur Pak Yes.


Sebab, turunnya Al-Quran secara berangsung-angsur dari lauhul mahfudz ke baitul izzah sebagai pedoman hidup umat manusia, mengikuti kejadian yang di alami Nabi Muhammad Saw dengan berbagai perintah dan larangan Allah SWA. 


Selain itu, Pak Yes, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus hadirkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Al-Quran guna mengharap keberkahan dan cahayanya.


“Kita hadirkan berbagai ibadah dan kita terus gelorakan kegiatan Khotmil Quran hingga lainnya yang berkaitan dengan Quran, bahkan kita memberikan beasiswa khusus S2 bagi yang hafal Alquran 30 juz, sehingga kita harapkan bisa terus menghadirkan cahaya Al-Quran di seluruh pelosok kehidupan masyarakat dan tentu sudut-sudut,” tambah Pak Yes.


Sementara itu, Abdurrahman Faqih Pengasuh Ponpes Langitan Tuban dalam tausiyahnya mengatakan, kemuliaan sesorang yang paling baik yaitu yang mempelajari Al-Quran kemudian mengamalkan dan mengajarkannya. 


“Tapi masyallah banyak yang mengajar Al-Quran tapi dipandang sebelah mata, padahal masyallah mereka luar biasa agungnya di sisi Allah. Malaikan sampai iri, mereka ingin mengedengar lantunan Al-Quran Bani Adam. Kurangnya pepaham sehingga kita kurang memuliaakan ahli Al-Quran. Mereka yang mengajar anak-anak di TPQ Madin masyallah orang-orang yang tinggi drajatnya di sisi Allah,” katanya.


Tidak hanya itu, pengasuh ponpes terbesar di Tuban tersebut mengatakan, setiap orang yang melafalkan satu huruf kitab Allah (Al-Quran) maka akan dilipat gandakan pahalanya menjadi 10 kali lipat.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023