Februari

13

 2023

Gerabah Laren mampu tembus Manca Negara

 diskominfo
 673
 13-Februari-2023




Gerabah yang diproduksi di Sentra gerabah di Desa Gampang Sejati Kecamatan Laren sudah melakukan penjualan ke seluruh nusantara hingga mancanegara.

"Kita melakukan penjualan Surabaya, Jakarta, Kalimantan, Papua, hingga Malaysia," tutur pengarjin gerabah Laren, Lilis saat ditemui, beberapa waktu lalu di kios gerabah Trubus miliknya.

Usaha turun temurun itu memproduksi gerabah mulai dari perabot dapur hingga hiasan. Sentra gerabah Laren ini melibatkan warga desa sekitar untuk memproduksi gerabah dan menjadi pekerjaan yang menghasilkan.

"Disini kiosnya ada 3, namun hampir seluruh warga desa membuat gerabah lalu disetor ke kita untuk dijual," terang Lilis.

Lilis memaparkan pada etiap bulannya pengrajin gerabah mendapatkan omset sebesar 3 juta rupiah dari puluhan hingga ratusan gerabah yang terjual.

Penjuakan meningkat saat bulan Maulid (dalam kalender Islam) dan Hari Raya Idul Fitri. Jenis yang sangat laku di pasaran ialah cobek penyetan.

"Kita ramai saat Bulan Maulid dan Hari Raya, karena biasanya dipakai untuk syukuran atau souvernir acara tertentu. Kami menjual gerabah mulai harga 5 ribu hingga ratusan ribu," jelas Lilis.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023