Februari

10

 2023

PSAB Sendangagung Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga

 diskominfo
 829
 10-Februari-2023



Bupati Lamongn yuhronur Efendi meresmikan Pembangunan Sarana Air Bersih (PSAB), Kamis (9/2) di Desa Sendangagung Kecamatan Paciran Lamongan. Pembangunan PSAB merupakan wujud dari realisasi dana dusun 2022 dan DAK 2022. Dengan tower setinggi 6 meter dan sumur bor 54 meter, PSAB di Desa Sendangagung mampu mencukupi kebutuhan air bersih 2000 warga.

Hadir untuk meresmikan secara langsung, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyatakan bahwa integrasi realisasi dana desa akan terus diutamakan untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat dan mencukupi kebutuhannya.

"Dana dusun yang kita berikan harus diutamakan untuk menyokong dan melengkapi fasilitas untuk masyarakat. Dan tentunya untuk mencukupi kebutuhan masyarakat," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Menurut pengakuan dari Kepala Desa Sendangagung Panut Supodo, semenjak hadirnya PSAB kebutuhan air masyarakat sudah tercukupi. Karena keadaan sebelumnya di Desa yang memiliki makanan khas Sego Muduk itu sangat minim ketersediaan air.

"Dulu kami menunggu air keluar, sekarang 24 jam air mengalir dan dapat digunakan karena kualitasnya yang sangat baik," ungkapnya saat menyampaikan laporan.

Kualitas sumber air yang dimiliki lancar, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak ada rasa layaknya kriteria air bersih yang ditetapkan World Health Organization (WHO). PSAB terus dimaksimalkan kinerjanya, dengan menambah aliran PSAB ke rumah warga. Bermula 50 aliran, kini menjadi 81 aliran.

Pada kesempatan yang sama Pak Yes beserta rombongan OPD di Lamongan melakukan peresmian program super prioritas Jamula (jalan mantap dan alus Lamongan) di 4 titik diantaranya ruas Sukodadi-Plembon (904 m × 5 m), ruas Laren-Keduyung (2.700 m × 3 m), ruas Laren-Blimbing (1.500 m × 5 m), dan ruas Banjarwati-Petiyin (1.913 m× 5m)

Pembangunan dan perbaikan ruas jalan tersebut ditujukan untuk mendukung aktivitas masyarakat Lamongan agar lebih maksimal, mulai dari aktivitas ekonomi, pendidikan, dan lainnya.

"Jamula hadir tidak hanya untuk memperbaiki, namun juga menunjang kelancaran aktivitas masyarakat agar lebih maksimal," kata Pak Yes.

Dibidang kesehatan dan pendidikan, Lamongan juga terus melakukan upgrade. Selain untuk menunjang fasilitas juga untuk representatif kualitas pelayanan yang dimiliki. 

"Gedung ini ialah representatif kualitas pelayanan kalian. Jadi imbang antara maksimalnya pelayanan dan fasilitas yang ada," tegas Pak Yes.

Pada bidang kesehatan meresmikan 2 poned dan ruang rawat inap di Puskesmas Payaman dan Puskesmas Tlogosadang. Sedangkan pada bidang pendidikan meresmikan ruang kelas, laboratorium, lab komputer dan toilet di 2 sekolah, yakni SMPN N 1 Sukodadi dan SD N Payaman.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023