Februari

11

 2022

Lamongan Kembangkan Inovasi Rumah Sorgum

 diskominfo
 1734
 11-Februari-2022


Tanaman sorgum menjadi inovasi bagi Kabupaten Lamongan dalam menjawab tantangan/permasalahan khususnya di sektor pertanian, yakni dengan membuat  biji sorgum menjadi olahan yang lebih bernilai. Hal tersebut disampaikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat presentasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) di Bappeda Propinsi Jawa Timur, Surabaya Jum’at (11/2).

Dijelaskan Pak Yes, yang menjadi penekanan dari inovasi sorgum adalah inovasi  rumah sorgum yakni semacam show working space bagi petani  yang menjadi tempat berkumpulnya petani sehingga dapat memberikan inspirasi untuk membuat sorgum mempunyai nilai tambah.

Ditambahkan Pak Yes, inovasi tersebut dilatarbelakangi semakin berkurangnya lahan pertanian yang hanya bergantung pada cuaca/musim. Selain itu juga tingginya biaya produksi harga pangan (termasuk beras). 

“Dari sini dicari alternatif bahan pokok yang terjangkau, yaitu budidaya tanaman sorgum dimana harga pangan murah dengan manfaat yang sama dengan bahan pangan lainnya, hal ini penting untuk ketahanan pangan,” papar Pak Yes. 

Pak Yes yakin dengan inovasi rumah sorgum ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi,  karena sorgum sebenarnya mempunyai nilai tambah yang cukup bagus. Hanya karena kurang pengetahuan dari petani sehingga sebelumnya hanya menanami jagung. 

“Yang kita dorong adalah kualitas produksi dan luasan lahan, kami juga sudah melakukan komunikasi secara langsung dengan Menteri Pertanian diharapkan nantinya ada pabrik yang dapat mengolah sorgum menjadi olahan yang  memiliki nilai lebih,” terang Pak Yes.

Lebih lanjut Pak Yes menambahkan, tahun 2021 dari luas tanam 233 hektar dan luasan panen 180 hektar didapatkan produktifitas 6,55 ton/hektar. Dari produksi panen tersebut biji sorgum diolah menjadi produk olahan seperti  tepung orean sorgum, beras sorgum juga aneka makanan kecil dengan bahan dasar sorgum.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023