Februari

09

 2022

Bupati Lamongan Terima Anugerah Kebudayaan PWI

 diskominfo
 685
 09-Februari-2022


Bupati Lamongan Yuhronur Efendi  terpilih menjadi salah satu dari 9 kepala daerah  yang menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan dari PWI. Penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah yang sangat peduli terhadap kebudayaan daerah tersebut, diserahkan secara langsung  pada puncak peringatan Hari Pers Nasional  di Kendari Sulawesi Tenggara, Rabu (9/2).

Bupati Lamongan berhak atas penghargaan tersebut, setelah melalui proses penilaian, dari seleksi administrasi, penjurian berkas proposal dan video hingga presentasi dan tanya jawab. Beliau dinilai layak menerima penghargaan   atas terobosan budaya yang dilakukan dalam berupaya merekonstruksi kejayaan dengan penemuan berbagai situs, memunculkan kembali budaya lama yang hampir tergerus dan menjaga warisan budaya baik di masa Hindu-Budha, peradaban Islam bahkan masa kolonial Belanda yang merupakan poin penting.

Berbicara sebagai narasumber dalam dialog kebudayaan  dalam rangakaian HPN 2022 sehari sebelum penerimaan penghargaan, bupati yang akrab disampa Pak Yes ini menuturkan secara Sejarah  sebagai pusat peradaban Raja Airlangga,  Kabupaten Lamongan memiliki jejak kejayaan. Hal tersebut dilihat dari penyebaran Agama Islam di pantai utara oleh Sunan Drajad, Sunan Sendang Dhuwur dan Joko Tingkir.  Berbagai peninggalan dari era Airlangga dan Majapahit serta sejarah kejayaan dua kerajaan tersebut terus berlanjut hingga saat ini.

“Gapura Paduraksa Bersayap merupakan salah satu peninggalan nyata yang biasa disebut pintu menuju kejayaan,” ujar Pak Yes.

Lebih lanjut dikatakannya, Lamongan juga telah berjaya dalam nidang ekonomi pada masa kolonial Belanda yang dibuktikan dengan adanya pembangunan Waduk Prijetan tahun 1917 dan menjadi tempat tenggelamnya Kapal Van der Wijck di perairan Lamongan tahun 1936.

Menghadapi gempuran  Covid 19  Pak Yes  juga menjadikan budaya sebagai pendekatan dalam penanganan Covid 19 di Kabupaten Lamongan. Hal tersebut, mengingat pengubar perilaku social tidak lah mudah, sehingga pendekatan kultural yang paling dekat dan menjadi bagian integral di masyarakat perlu dilakukan.

“Di sini peran media sangatlah penting, kolaborasi pemerintah dengan media sebagai bentuk pendekatan pentahelix yaiotu melibatkan aktor lain dalam sebuah kebijakan, dan media menjadi salah satu aktor yang dilibatkan dalam penanganan Covid 19 di Kabupaten Lamongan,” pungkas Pak Yes.

Foto : Prokopim

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023