Agustus

10

 2021

Tahun Baru Islam, Bupati YES Harap Hikmah di Tengah Pandemi Covid-19

 diskominfo
 1421
 10-Agustus-2021

Pemerintah Kabupaten Lamongan merayakan pergantian tahun baru Islam secara virtual dari Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamonga, Sabtu (9/8/2021). Tahun baru Hijriyah atau tahun baru Islam adalah hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ketua Badan Hisab Rukiyatul Lamongan, Muzakkin, bahwa tahun baru Hijriah digenapkan menjadi 30 hari atau jatuh pada tanggal 10 Agustus berdasarkan rukiyatul hilal yang dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

"Sesuai dengan data-data falakiyah bahwa kemarin itu adalah 29 bulan Zulhijah di mana dilaksanakan rukyatul hilal, yang mana tidak ada satupun yang menyaksikan hilal. Maka dari itu bulan Zulhijah digenapkan menjadi 30 hari," jelasnya.

Dengan pergantian tahun baru Islam 1443 Hijriah ini, Bupati YES berharap dapat membawa hikmah bagi seluruh masyarakat Lamongan dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta menjadikan Kabupaten Lamongan mencapai kejayaannya.

"Mudah-mudahan dengan pergantian tahun ini akan membawa hikmah yang lebih besar dan kita akan menyongsong tahun baru Hijriah Islam 1443 H," harapnya.

Menurut Gus Murabi yang hadir dalam acara tersebut, menyebut bulan Muharam atau tahun baru Islam sebagai bulan istimewa yang mana kejadian besar terjadi salah satunya penciptaan Nabi Adam dan Allah memerintahkan malaikat untuk mencatat nasib anak adam satu tahun ke depan.

Untuk itu, Ia berpesan bagi umat Islam untuk berdoa dan berdzikir salah satunya dengan membaca ayat Kursi setidaknya 21 kali atau paling baik 360 kali.

"Ayat kursi iki gae ben uripe menungso ben slamet, ben terhindar dari mara bahaya," katanya di akhir renungan.

Acara diakhiri dengan doa akhir tahun yang dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Lamongan, KH. Abdul Aziz Choiri, dan memukul rebana bersama jajaran Forkopimda. (HUMAS)

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023