November

24

 2022

Sosialisasi Deteksi Dini dan Penanganan Konflik di Kecamatan Maduran

 bakesbang
 208
 24-November-2022

Pada hari Kamis (24/11) telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi deteksi dini dan penanganan konflik di Kantor MWC LP Ma'arif NU Kec. Maduran.

Kegiatan ini dihadiri oleh Nur Hasim, SIP dari Anggota komisi A DPRD Kab. Lamongan yang juga sebagai narasumber kegiatan, Choirul Umami, SH selaku Kabid Wasnas dan Penanganan Konflik Bakesbangpol Kab. Lamongan, Arifin, S.AP selaku Kasubid Wasnas Bakesbangpol Kab. Lamongan dan KH. Yusuf Hamid dari unsur Perwakilan MWC NU Maduran.

Dalam sambutannya KH. Yusuf Hamid menyampaikan harapannya kegiatan kali ini bisa menjadi penambah ilmu pengetahuan bersama terkait pencegahan dini konflik sosial di masyarakat guna meningkatkan kondusifitas wilayah.

Selanjutnya dalam penyampaian materi oleh Nur Hasim menjelaskan bahwa banyaknya permasalahan yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal kita bisa menjadi pemicu terjadinya konflik, baik itu konflik kecil, sedang, maupun berskala besar (nasional), Berbagai Konflik tersebut bisa bermuara dari berbagai aspek kehidupan kita semua, baik bersumber dari aspek sosial, ekonomi, politik, agama, maupun budaya.

Nur Hasim melanjutkan, sektor pendidikan memang saat ini menjadi salah satu sarana mudah dalam berkembangnya paham-paham radikal, hal ini dikarenakan dalam dunia pendidikan adalah salah satu sektor untuk berkembangnya pola pikir. Perkembangan pola pikir ini akan menjadi hal yang searah dalam penanaman ideologi. Oleh sebab itu perlu adanya benteng bagi anak didik dengan menyisipkan muatan-muatan moral dan agama dalam kurikulum dan proses belajar mengajar.

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya peningkatan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat dan berkoordinasi dengan seluruh lapisan masyarakat serta jajaran pemerintahan dalam lingkungan sekitar agar kita bisa lebih peduli dalam menjaga dan berperan aktif dalam menciptakan kestabilan wilayah maupun kondusifitas lingkungan tempat tinggal dari berbagai permasalahan khususnya dari permasalahan radikalisme, ekstremisme dan terorisme.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023