November

21

 2022

Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara Tahun 2022

 bakesbang
 649
 21-November-2022

Pada hari Senin (21/11), bertempat di Aula Pasca Sarjana Universitas Islam Lamongan, telah dilaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lamongan.

Peserta berasal dari BEM dan Resimen Mahasiswa (MENWA) dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Lamongan, serta anggota Purna Paskibra Lamongan.

Dalam sambutannya, Kabid Ideologi, Wasbang, dan Ketahanan Ekososbudag, Erlina Marhaeni, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme mahasiswa sehingga dapat berkontribusi dalam menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Bakesbangpol Lamongan, Dianto Hari Wibowo, yang menekankan pentingnya menerapkan lima nilai dasar bela negara, yakni cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Dalam kegiatan kali ini, terdapat tiga narasumber, yakni Mayor Chb. Heroe Goettojo dari Kodim 0812 Lamongan, Suisno, Dekan Fakultas Hukum UNISLA dan Ketua Jejaring Panca Mandala (JPM) Joko Tingkir Lamongan, serta Sudjito, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Lamongan.

Penyampaian materi pertama dari Heroe, yang intinya menerangkan pentingnya membangun semangat kebangsaan dan menumbuhkan kesadaran menghargai keragaman.

Penyampaian materi kedua oleh Suisno, yang intinya menerangkan Pancasila. Pancasila dipahami sebagai ideologi pembangunan serta tujuan jangka panjang yang hendak dicapai bersama. Ideologi pembangunan bercorak antroposentrik dalam arti manusia yang berada pada tempat yang sentral sebagai subjek dan sekaligus objek pembangunan.

Penyampaian materi ketiga oleh Sudjito, yang intinya menerangkan keragaman bangsa Indonesia, yang mana merupakan kekuatan pemersatu bangsa. Karena itu, penting untuk menjaga keragaman tersebut melalui pembauran kebangsaan, yang mana merupakan perwujudan kebangsaan Indonesia tanpa menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis masing-masing.

Kegiatan berjalan aman, tertib, dan lancar.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023