November

03

 2022

Bakesbangpol Gelar Sosialisasi Tingkatkan Partisipasi Perempuan dalam Politik

 bakesbang
 400
 03-November-2022

Pada hari Kamis (3/11) dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Perempuan dan Pemilih Pemula dengan Tema Peran Kaum Perempuan Dalam Suksesnya Pemilu Serentak Tahun 2024 oleh Bakesbangpol Kabupaten Lamongan di Pendopo Kecamatan Turi.

Kegiatan ini menyasar kaum perempuan, khususnya ibu-ibu PKK. Kegiatan ini mengundang dua narasumber dari Universitas Islam Lamongan (UNISLA), yakni Mimatun Nasihah dan Suisno.

Mimatun menyampaikan materi yang berjudul “Partisipasi Politik Perempuan Sebuah Keharusan”. Dalam materinya, disampaikan bahwa perempuan dapat meningkatkan kesejahteraan kaum perempuan dengan berpolitik.

Kendala yang ada adalah dari sosial budaya dan sosiologis karena banyak masyarakat yang beranggapan bahwa perempuan tempatnya di rumah. Padahal, sudah banyak contoh Kartini-Kartini era modern seperti Sri Mulyani dan Retno Marsuadi sebagai menteri. Pun begitu pula dengan Puan Maharani yang sekarang menjabat sebagai Ketua DPR.

Materi kedua disampaikan oleh Dekan FH Unisla, Suisno yang berjudul "Pendidikan Politik Bagi Perempuan Menurut Prinsip Keadilan dan Kesetaraan Gender". Dalam materinya, dijelaskan bahwa partisipasi perempuan adalah salah satu indikator pendukung demokrasi.

Ide kesetaraan gender dapat diartikan sebagai sebuah ide yang mengusahakan penyamaan kedudukan, hak-hak serta kebebasan kaum perempuan dengan laki-laki dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena adanya persamaan kedudukan, hak-hak serta kebebasan kaum perempuan dengan laki-laki, akan muncul anggapan bahwa kaum perempuan bebas dalam beraktivitas dan berkarir.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik untuk sukses pemilu serentak tahun 2024 agar kualitas demokrasi di Lamongan dan Indonesia terus ditingkatkan menuju demokrasi substansial, demokrasi yang mengemban amanat rakyat dan Demokrasi yang lebih baik adalah demokrasi di mana perempuan tidak hanya memiliki hak untuk memilih tetapi untuk dipilih.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023