Februari

06

 2024

Sukseskan Pemilu, Pemkab Lamongan Gelar Rakor Forkopimda

 bakesbang
 133
 06-Februari-2024

Lamongan, Prokopim - Jelang pelaksanaan Pemilihan Umum 2024, Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar Rapat Koordinasi Forkopimda-Forkopimcam dan Tiga Pilar Desa/Kelurahan di GOR Lamongan, Selasa (6/2). Dihadiri kurang lebih 700 peserta dari unsur Pemerintah, TNI dan Polri dari tingkat Kabupaten hingga Desa/Kelurahan, rapat ini bertujuan memantapkan persiapan pelaksanaan Pemilu agar dapat berjalan dengan aman dan damai.

Dalam sambutannya, Bupati YES mengajak seluruh unsur untuk meningkatkan sinergitas mengingat luasnya wilayah Lamongan sehingga membutuhkan kerjasama yang kuat.

“Dibutuhkan sebuah energi besar dalam rangka menjalankan Pemilu mengingat luasnya Kabupaten Lamongan. Kita terdiri dari 462 desa dan 12 kelurahan. Mari terus tingkatkan kerjasama. Kita kuatkan koordinasi karena ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” pesan Pak YES.

Lebih lanjut, Bupati YES menerangkan kerjasama dibutuhkan untuk menciptakan suasana yang aman saat Pemilu, agar masyarakat dapat memberikan hak pilih dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah, tingkat partisipasi publik dari Pemilu dan Pilkada sebelumnya semakin meningkat. Kita harus jaga terus supaya 2024 ini partisipasi publik terus meningkat,” tambahnya.

Beberapa strategi yang didorong Pak YES untuk meningkatkan partisipasi publik di antaranya adalah dengan mengoptimalkan peran tiga pilar desa, yakni Kepala Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam menyerukan penggunaan hak suara secara damai.

“Libatkan tokoh-tokoh masyarakat lintas agama dan terus menggaungkan tentang kesatuan bangsa keamanan bangsa dan juga untuk Indonesia agar tetap terjaga,” pungkasnya.

Senada dengan Pak YES, Dandim 0812, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan juga berpesan kepada seluruh unsur agar Pemilu tidak menjadi sumber perpecahan, melainkan menjadi momen persatuan.

“Mari ubah pola pikir tentang Pemilu. Pemilu bukan ajang perebutan kekuasaan, tetapi ajang memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, berbeda pilihan bukan persoalan,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait kondisi keamanan, Kapolres Lamongan, AKBP Bobby Adimas Candra Putra menyampaikan situasi dan kondisi di Lamongan relatif aman. Meski begitu, Ia menginstruksikan agar mengantisipasi berbagai kerawanan pada masa Pemilu, yakni saat masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara, pergeseran logistik, dan penetapan hasil.
*
“Terdapat 4.153 TPS di Lamongan. 4 tergolong rawan, sementara 4.149 tidak rawan. Alhamdulillah, untuk kategori sangat rawan kita nol,” ungkap Kapolres Bobby.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023