Intensifkan Kegiatan SIKOMANDAN, Disnakeswan Lamongan adakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi

Posted By Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan | 07 Februari 2023

Guna mengintensifkan serta meningkatkan efektifitas program SIKOMANDAN, Disnakeswan Lamongan, dalam hal ini yaitu Bidang Budidaya mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi SIKOMANDAN pada selasa (7/2).

SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) adalah salah satu program unggulan Kementerian Pertanian yang merupakan reinkarnasi dari program SIWAB yang sudah berjalan sejak 2017. SIKOMANDAN bertujuan untuk menambah populasi sapi dan kerbau untuk memenuhi produksi daging sapi dan kerbau secara nasional.  Pelayanan Inseminasi Buatan  gratis masih menjadi kegiatan utama dalam upaya peningkatan populasi Sapi dan Kerbau.  Namun ada syarat yang harus dipenuhi oleh peternak untuk mengakses IB gratis, sama seperti dengan UPSUS SIWAB, IB yang digratiskan adalah IB pertama dan kedua, dengan catatan ketersediaan straw (bibit ternak) SIKOMANDAN masih ada.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Disnakeswan Lamongan ini bertujuan untuk melakuka evaluasi pelaksanaan kegiatan SIKOMANDAN pada tahun sebelumnya serta melaksanaan koordinasi guna kelancaran program di tahun 2023 ini.

Adapun pada kegiatan ini, dihadiri langsung oleh Kepala Disnakeswan Lamongan Drs. Moch Wahyudi, MM. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan pada seluruh petugas IB yang hadir agar antusias dalam melaksanakan kegiatan SIKOMANDAN ini.Direncanakan, Koordinasi dan Evaluasi lanjutan akan dilaksanakan setiap 3 bulan sekali, serta akan dilakukan monev kegiatan SIKOMANDAN di lapangan.