Profil Pariwisata Lamongan


Lamongan salah satu kabupaten yang berada di provinsi jawa timur. Kabupaten lamongan menyimpan sejuta pesona alam yang menakjubkan. Lamongan memiliki banyak wisata,situs bersejarah sampai pantai yang memanjakan mata ;

WADUK GONDANG

Waduk Gondang yang diresmikan oleh presiden RI kedua Bapak Soeharto pada 04 April 1987 berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan guna menjadi irigasi bagi persawahan masyarakat Lamongan. Waduk ini memiliki luas 6,60 Ha dengan kedalaman sekitar 29 meter. Waduk Gondang mempunyai panjang bendungan 903 m dan tinggi 27 meter dengan tipe bendungan urukan tanah homogen. Seiring berjalannya waktu, tempat ini dinilai mempunyai potensi pariwisata dengan dikembangkan dan ditunjang fasilitasnya antara lain. 

Di samping menikmati luasnya pemandangan air, Waduk yang dipenuhi pepohonan ini, juga dilengkapi dengan sarana bermain anak-anak dan bumi perkemahan. Adapun fasilitas perahu milik nelayan setempat yang siap mengantarkan para pengunjung menikmati luasnya Waduk Gondang dengan biaya 20 ribu rupiah. Jangan lupakan berbagai toko yang menyediakan kuliner bagi pengunjung.


 MAZOGO

Wisata Gua Maharani berada di Jl. Raya Paciran, Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Awalnya, Gua Maharani ditemukan tanpa sengaja oleh Sunyoto pada tanggal 6 Agustus 1992. Gua ini terletak di dalam tanah dengan kedalaman 25 meter dari permukaan tanah dan luas rongga sekitar 2500 Karena memiliki keindahan berupa stalaktit dan stalakmit aktif yang menarik, maka gua tersebut dibuat sebagai tempat wisata dan telah resmi dibuka pada tanggal 10 Maret 1994.

Selain itu, Mazoogo juga berisikan kebun binatang mini yang letaknya satu kompleks dengan Wisata Bahari Lamongan (WBL), tepatnya berada bersebrangan. Mazoogo menyediakan kebun binatang dengan berbagai fasilitas yang cocok dikunjungi sebagai sarana edukasi bagi anak-anak. Binatang-binatang yang ada tidak hanya dapat dilihat dari jauh, beberapa jenis binatang dapat diajak berfoto dengan pantauan pawangnya. Pengunjung juga dapat merasakan sensasi memberi makan binatang tertentu. Selain itu, terdapat museum satwa dan pertunjukan binatang yang akan menambah pengetahuan.


WISATA BAHARI LAMONGAN

Wisata Bahari Lamongan merupakan wisata yang terpopuler di Lamongan. Letaknya adalah di Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Wisata Bahari Lamongan ini diresmikan pada tanggal 14 November 2004 oleh H. Masyfuk yang ketika itu menjabat sebagai Bupati Lamongan. Wisatawan sangat direkomendasikan mengunjungi WBL. Sarana hiburan yang cocok bagi pasangan maupun keluarga dengan berbagai fasilitas, wahana, dan pemandangan pantai yang ditawarkan menambah nilai plus wisata ini. WBL selalu mengupdate wahana, fasilitas, dan system yang ada guna memanjakan dan mempermuda wisatawan. WBL juga satu komplek dengan Goa Maharani sehingga wisatawan dapat mengambil satu paket liburan keluarga atau hanya memilih salah satu.


GONDANG PARK ( G-PARK)

Wisata gondang park (G-Park) bertempat di tepian waduk gondang masuk Desa Gondang Lor Kec. Sugio Lamongan Jawa Timur. wahana tersebut memanfaatkan lahan dari perum perhutani unit III Jawa timur. termasuk hutan lindung untuk menjaga debit air waduk gondang dengan konsep yang di tawarkan adalah hutan suasana yang tenang sebagai tempat rekreasi (G-Park) menyediakan panggung live music, mini trail buat anak anak playground atau tempat bermain juga terdapat spot spot foto instragameble bahkan area memancing bagi mancing mania. dan segera menyusul wisata petik buah.


ISTANA GUNUNG MAS

Wisata yang terletak di Jl. Raya Mantup, Tugu, Mantup, Kabupaten Lamongan memiliki sejarah yang cukup menarik dilihat dari penamaanya. Nama Gunung Mas konon karena dulu pernah ditemukan bongkahan emas dibukit ini, tetapi cerita ini kurang dapat dipercaya mengingat bukit ini adalah bukit kapur. Adapun cerita versi lainya mengatakan penamaan Gunung Mas karena bebatuan kapur bekas tambang yang ada berwarna kekuningan seperti emas. 

Di wisata ini pengunjung akan dibuat seolah-olah berada di Cina dengan arsitektur bangunannya. Pengunjung juga dapat menikmati suasana dan nyaman dengan kolam yang berada di depan bangunan utama. Wisata ini dapat menjadi latar untuk berfoto yang instagramable yang hits bila diungga ke sosial media.


ALUN ALUN LAMONGAN

Sebuah public space seluas kurang lebih 4.900 meter persegi disediakan Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk masyarakat umum dengan berbagai fasilitas bagi pengunjung yang ingin melepas kepenatan. Mulai dari berbagai spot foto yang menarik, trowongan lampu yang instagramable, berbagai tempat olahraga gratis bagi masyarakat (lapangan futsal, lapangan basket, dll). Alun-alun lamongan juga memiliki ikon sebuah pesawat patrol udara dengan nomor lambung P. 086 N 2255 yang menjadikan tempat ini semakin menarik apalagi baru-baru ini warga lamongan kembali difasilitasi dengan dibukanya wahana bianglala, selain menambah keindahan alun-alun lamongan dengan menaiki bianglala warga lamongan dapat menikmati keindahan menaiki bianglala warga lamongan dapat menikmati keindahan kota lamongan dari ketinggian.


WISATA EDUKASI GONDANG OUTBOND (WEGO)

Wisata yang berada sekitar 15 KM arah selatan Lamongan kota sangat cocok dikunjungi untuk liburan keluarga maupun sarana edukasi. Wego menyediakan berbagai wahana dan spot menarik yang dapat pengunjung nikmati di lahan seluas 36 Ha mulai dari kebun binatang mini, Pulau Cinta, dua buah pesawat (pesawat tempur dan boing), waterpark dan flyingfox.

Bukan hanya berbagai sarana olahraga yang ada, pengunjung juga akan disajikan berbagai spot foto dengan latar menarik yang tentu saja cocok untuk menambah koleksi foto di sosial media.


MAKAM SUNAN DRAJAT 

Makam Sunan Drajad adalah salah satu destinasi wisata religi yang ada di Kabupaten Lamongan. Makam ini berlokasi di desa Drajad, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Makam ini adalah makam dari Raden Qasim, beliau merupakan salah satu tokoh penyebar agama islam di pulau jawa. Makam ini selalu ramai oleh pengunjung, terutama yang mengikuti wisata religi ziarah Wali Songo.


MAKAM SENDANG DHUWUR

Makam Sunan Sendang Duwur adalah salah satu wisata religi yang ada di Kabupaten Lamongan. Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir salah satu tokoh penyebar agama Islam di tanah Jawa. Lokasi lengkapnya berada di atas bukit Amitunon, desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. 

Raden Noer Rahman (nama asli dari Sunan Sendang Duwur), dulunya dikenal pernah memindahkan masjid hanya dalam waktu semalam dari mantingan ke bukit Amitunon, hingga saat ini dikenal dengan nama Masjid Sendang Duwur. Makam beliau cukup unik karena adanya perpaduan antar dua kebudayaan yaitu Islam dan Hindu. Di makam tersebut terdapat banyak ukiran-ukiran istimewa dari kayu jati yang mempunyai nilai seni tinggi, ukiran tersebut berada di area dinding penyangga cungkup pada makam tersebut.


INDONESIA ISLAMIC ART MUSIUM

Berlokasi di Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Museum Seni Islam Indonesia yang dibuka pada tanggal 28 Desember 2016 yang lalu berisi sejarah perkembangan Islam di seluruh dunia. Museum ini merupakan museum yang cukup vital lantaran memang selama ini belum ada lokasi yang menyajikan perkembangan Islam secara runtut dari awal dan ini menjadi yang pertama di Indonesia. Ini juga menjadi salah satu museum Islam terlengkap yang dimiliki dunia. Indonesian Islamic Art Museum merupakan museum di Indonesia yang sudah berbasis teknologi informasi modern Augmented Realty (AR).


MASJID NAMIRA

Masjid Namira adalah masjid termegah di kabupaten Lamongan. Masjid ini berdiri diatas lahan seluas 2,7 hektare, dan bernuansa Masjidil Haram. Lokasi masjid ini berada di desa Jotosanur, kecamatan Tikung, kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Masjid ini dibangun pada tahun 2013, awal pembangunannya hanya mampu menampung 1000 jamaah. Namun, setelah direnovasi masjid ini mampu menampung sekitar 2500 jamaah. 

Nama Masjid Namira sendiri diambil dari nama salah satu masjid yang ada di Padang Arofah Arab Saudi. Pengunjung Masjid Namira tidak hanya warga Lamongan saja, tetapi dari berbagai daerah diluar Lamongan. Masjid ini dilengkapi dengan kulkas yang terdapat minuman bagi jamaah. Selain itu, parkiran yang luas menjadikan masjid ini semakin terlihat megah sehingga pengunjung tidak bingung untuk mencari tempat parkir

 disparbud
 1475
 07-September-2022

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west