Pengukuhan Forum Anak Kabupaten Lamonga Periode Tahun 2023-2025 dan Jambore Forum Anak Kabupaten Lamongan Tahun 2023

Posted By Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak | 12 Juli 2023

Pengukuhan Forum Anak Kabupaten Lamonga Periode Tahun 2023-2025 dan Jambore Forum Anak Kabupaten Lamongan Tahun 2023 pada Selasa (11/7/2023), di Aula Gajah Mada, Lantai 7 Pemkab Lamongan.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh 270 anak dari 27 Kecamatan se-Kabupaten Lamongan, dikukuhnya 22 pengurus forum anak Kabupaten Lamongan Periode 2023-2025.

Menurut Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, adanya forum anak dapat memberikan kenyamanan untuk bercerita tentang permasalahan yang dialami melalui teman sebaya. 

“Forum anak menjadi sangat penting bagi anak-anak. Anak-anak menjadi berani bicara ketika mendapatkan perlakuan yang mengganggu kenyaman.  Forum anak ini menjadi forum yang dapat memberikan keberanian untuk mengutarakan apa yang menjadi beban pikiran mereka,” tutur Pak Yes usai mengukuhkan pengurus forum anak secara simbolik.  

Sementara, Kepala Dinas PPPA Lamongan, Umuronah mengatakan, keterlibatan 10 anak dimasing-masing kecamatan, diharapkan dapat menjadi pelapor dan pelopor (2P) untuk teman sebaya dalam menyuarakan hak-hak anak.

“Kami berharap ditindak lanjuti setiap kecamatan, sehingga ada forum anak tingkat kecamatan dan tingkat desa. Sehingga dapat meningkatkan pemenuhan hak-hak anak sebagai 2P pelapor dan pelopor. Karena, Mereka berhak mendapatkan sekolah, perlindungan, tidak dipekerjakan, penikahan dini, kekerasan, kami harapkan anak-anak dapat menggapai cita-cita, menjadi generasi emas, generasi penerus bangsa, yang berakhlak, cerdas, tanggap, sehingga nantinya akan memberikan kesejahteraan bagi keluarganya,” pungkasnya.