DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

GERDAL WBC DI DESA KRAMAT KECAMATAN LAMONGAN

Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melakukukan antisipasi meluasnya serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Wereng Batang Coklat (WBC) melalui Gerakan Pengendalian (Gerdal) di Ds. Kramat Kec. Lamongan. (16/05/2023)
Gerdal WBC dilakukan untuk menekan meluasnya serangan hama ini, serangan hama ini dipicu karena varietas yang ditanam merupakan varietas yang rentan dan penggunaan jenis pestisida yang tidak direkomendasikan untuk pengendalian WBC. Gerdal WBC di Desa Kramat pagi ini mengaplikasikan Agen Pengendali Hati (APH) bantuan dari Dinas KPP Lamongan. Untuk luasan pengendalian sendiri kurang lebih 5 Ha dengan Usia tanaman Padi 30-35 Hst.
Perlu diperhatian untuk pengendalian interval yang di perlukan 7 hari satu kali, dengan pengamatan yang dilaksanakan tiap hari, ujar Kepala POPT Kab. Lamongan Bapak Mastur. Para petani berterimakasih karena sudah diadakan gerdal ini dan berharap jika lain waktu terjadi serangan hama wereng secepatnya dilaksakan gerdal kembali