DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

PERTANIAN ORGANIK SOLUSI PENGEMBALIAN KESUBURAN TANAH

PERTANIAN ORGANIK SOLUSI PENGEMBALIAN KESUBURAN TANAH

Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mengenalkan pertanian organic ke seluruh Poktan dan Gapoktan guna menyelamatkan alam maupun menjaga hasil pertanian untuk kesehatan. Upaya tersebut dilakukan dengan pembuatan berbagai pupuk organik.
Salah satu upaya dalam mewujudkan pertanian organik dilaksanakan pelatihan tematik pembuatan Biosaka di beberapa tempat di Kabupaten Lamongan. Pelatihan ini dilaksankan bersama Kelompok tani dan Pemerintah Desa setempat. Pembuatan Biosaka dilaksanakan Ds. Banyuurip Kec, Karangbinangun dan juga di Desa Drujugurit Kecamatan Ngimbang.
Biosangka sendiri merupakan larutan ekstrak tumbuhan yang berperan sebagai elisitator yang dapat meningkatkan produktivitas tanaman.
Pada pembuatan Biosaka kali ini, dipraktekkan dari berbagai jenis tanaman seperti Tutup Bumi, Meniran, Kitolod, Maman Ungu, Patokan Kebo, maupun anting-anting.
Pada penggunaan Biosaka, petani mendapatkan beberapa keuntungan. Keuntungan tersebut meliputi nutrisi ramah lingkungan, hemat biaya, hemat pupuk hingga 50%, menurunkan penggunaan pestisida kimia, mengurangi serangan hama dan penyakit, lahan lebih subur dan produksi lebih baik.