DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN

ERAKAN PENGENDALIAN WBC SEMAKIN GENCAR DILAKSANAKAN DIBEBERAPA WILAYAH DI KABUPATEN LAMONGAN

Jumat Berkah, Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan sedang gencar melaksanaka gerakan pengendalian (Gerdal) terhadap serangan hama wereng batang coklat (WBC).

Bapak Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan, Drs. Moch Wahyudi, MM mengatakan, hama yang menyerang tanaman padi milik petani itu di antaranya wereng batang cokelat, hama kreksek padi dan juga hama tikus. Pagi ini di beberapa kecamatan sudah melakukan upaya untuk melakukan pengendalian penyerangan hama, mulai dari Kecamatan Deket, Modo dan juga Sekaran.

Kegiatan tersebut guna menjaga produksi padi agar bisa surplus pada saat panen nanti.Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan terus waspada dan melakukan gerakan pengendalian WBC, dengan sinergi bersama pemerintah kecamatan, pemerintah desa, poktan dan gapoktan.

Petugas di lapangan PPL dan POPT terus melakukan pengamatan dan apabila ditemukan populasi WBC di atas ambang, maka dilakukan pengendalian secara kimia. Apabila masih d ibawah ambang bisa menggunakan agen pengendalian hayati.

Dinas juga selalu memberikan stimulan pestisida. Petani juga bisa secara swadaya melakukan gerdal jikalau ada serangan hama.