Februari

13

 2023

Cerita, Sejarah dan Mitos Sunan Sendangduwur Episode 3

 disparbud
 649
 13-Februari-2023

Selain sumur giling yang telah kita review sebelumnya, Cerita Sejarah tentang Sunan Sendangduwur lainnya adalah keberadaan sumber air Sumur Paidon.

Konon sumur ini dahulu adalah tempat meludah (idu ; bahasa jawa) Sunan Sendang. Uniknya, meski komplek makam terletak di dataran tinggi dan berbatu, namun sumur yang hanya sedalam kurang lebih 60 sentimeter dan lebar 40 sentimeter itu selalu mengeluarkan air.

Tempat yang lebih mirip sebuah lubang itu seakan berubah secara tiba-tiba menjadi sebuah sumur, yang kini bentuknya seperti cekungan batu yang memunculkan air. Hingga kemudian, air dari sumur ini kerap diambil oleh para santri yang ingin memperoleh keberkahan dari Sunan Sendang.

Hingga kini, Sumur Paidon masih ada dan tak pernah mengering meski musim kemarau. Tak sedikit pengunjung Komplek Makam Sunan Sendangduwur yang mengambil air di sana karena mempercayai Keberkahan Allah SWT dalam air Sumur Paidon yang dapat menyembuhkan penyakit dan membuat awet muda.

Hayo Sobat Disparbud, kalian yang belum pernah ke Makam Sendangduwur, segera sempetin ya karena banyak peninggalan-peninggalan kuno dari Kejayaan Sunan Sendang yang pastinya menarik untuk kita lihat dan kita pelajari loh..

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023