SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KOMISI D TERTARIK PROGRAM RTK (RUMAH TANGGA KELAHIRAN) DINKES SEMARANG

Komisi D yang dipimpin Ali Makfudl S.Ag, SH tertarik program RTK yang disiapkan di Pemkab Semarang karena Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan indikator kesejahteraan daerah.

RTK ibu hamil yang akan melahirkan  mendapat pelayanan dan pendampingan langsung dari petugas kesehatan. RTK menyediakan transportasi dari rumah ibu ke RTK dari RTK ke Rumah Sakit dari Rumah sakit ke RTK dan dari RTK ke Rumah ibu secara gratis dengan harapan adanya penurunan angka kematian terhadap bayi dan ibu melahirkan serta telah didirikan RTK di dekat Pukesmas Khusus di daerah pinggiran.

Saat ini Dinkes Semarang tengah mengkaji biaya rawat inap yang di prioritaskan bagi masyarakat pinggiran.

Ketua komisi D Ali Makfudl mengatakan pembahasan pelayanan RTK Cukup menarik karena program ini belum ada di kabupaten Lamongan, sehingga keberadaannya sangat menunjang dalam mencegah angka kematian bayi, ibu yang melahirkan

Kami bersama pemerintah Kabupaten lamongan akan mengkaji lebih lanjut untuk kita terapkan di Kabupaten Lamongan, ujar Politisi PAN tersebut.

Karena terujinya AKB atau AKI menjadi pemerintah untuk mencapai target yang diinginkan untuk menyelamatkan bayi dan ibu melahirkan hal ini disampaikan oleh Sarmadi, S.Pd Sekretaris Komisi D Politisi PKS . Karena kita harus memberikan pelayanan terbaik.