SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

HARI JADI LAMONGAN KE – 443

PAWAI BUDAYA SEMARAKKAN PUNCAK HUT LAMONGAN

Lamongan – Puncak HUT ke 443 Kabupaten Lamongan disemarakkan dengan kirab pataka serta pawai budaya yang diikuti forum pimpinan daerah serta berbagai elemen masyarakat setempat, Sabtu.

Prosesi kirab pataka diawali dengan ketika Ketua DPRD Makin Abbas pembukaan selubung pataka lambang daerah kemudian memasang oncer sesanti oleh Ketua DPRD Lamongan Makin Abbas. Pataka selanjutnya diserahkan kepada Bupati Lamongan Fadeli untuk kemudian dikirab keliling Kota Lamongan.

Bupati Lamongan dan Wakil Bupati Lamongan Amar Saifudin serta forum pimpinan daerah seperti Ketua DPRD Lamongan Makin Abbas, Kapolres Lamongan AKBP Marsudianto, Kajari Lamongan Dyah Retnowati Astuti, Dandim 0812 Lektol Inf Yudha Fitri dan Ketua Pengadilan Negeri lamongan Suhartoto mengenakan baju gamis dan bersurban ala Tumenggung Surajaya.

Dalam prosesi kirab tersebut juga diikuti pawai budaya dari sejumlah kecamatan dan lembaga pendidikan di Lamongan.

SMPN I Lamongan misalnya, menampilkan sosok Jaka Tingkir dalam mobil hiasnya, SMPN 2 Lamongan menampilkan pengantin bekasri, pengantin khas Lamongan serta tari-tarian khas Lamongan di antaranya Tari Boranan dan Tari Mayang Madu.

Para kadet dari Akademi Angkatan Laut (AAL) TNI AL Surabaya yang tergabung dalam drum band Gita Jala Taruna juga turut serta menyemarakkan peringatan Hari Jadi Lamongan.

Kirab berakhir di pelataran Pendopo Lokatantra dan dilanjutkan dengan prosesi Pasamuan Agung, yakni prosesi penyemayaman lagi pataka lambang daerah.