SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

YAYASAN PONDOK PESANTREN “AL- FATTAH” MI-SALAFIYAH BANIN-BANAT, BERKUNJUNG KE GEDUNG DPRD KABUPATEN LAMONGAN.

Keterangan Gambar: foto anak-anak MI SALAFIYAH BANIN-BANAT saat berkunjung di Gedung DPRD Kabupaten Lamongan.

Lamongan – Sebanyak 27 anak didik dari MI-Salafiyah Banin Banat (Madrasah Ibtidaiyah ) datang berkunjung ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur, Kamis (10/03/2016) sekitar pukul 09.00 WIB.   

Kedatangan peserta didik tersebut di dampingi oleh lima Guru serta Kepala Sekolah, Moh. Mukhlisin S.Kom secara resmi di sambut hangat oleh Ketua Komisi D Bapak Ali Mahfudi, S.Ag, S.H. Setibanya di tempat yang dikunjunggi, tamu tersebut di bawa ke ruang pertemuan DPRD Kabupaten Lamongan.

Ketua Komisi D Bapak Ali Mahfudi mengatakan, sangat senang dan menyambut baik adanya tamu kunjungan dari siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Dengan adanya kunjungan merupakan suatu proses pembelajaran langsung yang di lakukan di luar kelas kepada peserta didik.

Dalam menerima kunjungan dari MI-Salafiyah Banin-Banat, Bapak Ali Mahfudi menyampaikan tentang fungsi, tugas, hak dan wewenang di DPRD kepada peserta didik dari MI tersebut. Yang mana, DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat (parlemen) atau lembaga legislatif yang telah diatur melalui Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009. Berdasarkan UU tersebut, menyebutkan DPRD mempunyai fungsi  yaitu : Fungsi Legislasi, Fungsi Anggaran dan Fungsi Penggawasan .

Anak didik dari MI Salafiah Banin-Banat juga di berikan kesempatan untuk tanya jawab kepada anggota DPRD Kabupaten Lamongan. Salah satu murid tersebut menyampaikan pertanyaan tentang penggaduan apa saja  yang di lakukan masyarakat ke DPRD. Lalu, Bapak Ali Mahfudi menjelaskan bahwa segala macam penggaduan dapat di sampaikan kepada DPRD dan biasanya tentang kebijakan-kebijakan yang kurang puas dapat di adukan kepada DPRD.

Setelah pertemuan selesai, tamu dari MI salafiyah Banat-Banin juga di perkenankan untuk berkeliling melihat-lihat setiap ruang yang ada di gedung DPRD Kabupaten Lamongan.

Dengan adanya kunjungan seperti ini, selain memberikan motivasi , juga lebih mengenalkan apa sebenarnya tugas dan fungsi DPRD itu kepada anak didik secara langsung, yang nantinya bisa menjadi contoh dan bermaanfaat bagi Masyarkat, Nusa, Bangsa dan Negaranya. Kemudian melalui silaturahmi seperti ini, peserta didik dari MI Salafiyah Banin-Banat juga dapat mengenal anggota DPRD Kabupaten Lamongan periode 2014-2019 saat ini.(Ans)