SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

ZIARAH KE MAKAM SESEPUH LAMONGAN SEBAGAI PENUTUP PERINGATAN HJL- 447

Lamongan- Mengunjungi makam sesepuh Lamongan merupakan salah satu rangkaian acara pada Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-447. Kegiatan mengunjungi makam ini dilakukan tepat pada Hari Jadi Lamongan Kamis (26/05/16) dan merupakan penutup dari serangkaian kegiatan HJL. Prosesi itu di pimpin Wakil Bupati Lamongan Kartika Hidayati mewakili Bupati Lamongan Fadeli yang secara bersamaan harus ke Jakarta memenuhi undangan Presiden Jokowi. Juga hadir dalam prosesi itu  Ketua DPRD H. Kaharudin dan anggota Forkompimda, Sekda Yuhronur Efendi, Ketua MUI KH.Aziz Choiri, serta para pejabat dilingkungan Pemkab Lamongan.

IMG_2850Ziarah diawali dimakam Mbah Sabilan, Mbah Sabilan merupakan seorang Patih dari Bupati ketiga Lamongan, Raden Panji Puspa Kusuma, pada sekitar tahun 1640-1665 yang memiliki dua orang putra, yakni Raden Panji Laras dan Panji Liris. Cerita Mbah Sabilan terkait erat dengan tradisi di Lamongan bahwa calon pengantin perempuan harus melamar calon pengantin laki-laki. Dilanjutkan dimakam Mbah Punuk, dan diakhiri di makam Mbah Ronggo Hadi atau Mbah Lamong, yang merupakan adipati pertama Lamongan yang bergelar Tumenggung Surajaya. Ketiga makam leluhur tersebut berada di wilayah kelurahan Tumenggungan Kota Lamongan.

IMG_2886Dalam sambutannya usai ziarah, Wabup Kartika berharap semangat para leluhur untuk membangun Lamongan bisa dijadikan inspirasi untuk bekerja keras demi sejahteranya masyarakat,” Ini tidak hanya sekedar ziarah, namun juga napak tilas para leluhur, terutama Mbah Ronggo Hadi. Semoga semangatnya dapat mewarnai perjuangan kita mendukung Bupati Fadeli menjadikan Lamongan tetap sebagai Kota Santri dan kental akan ajaran Agama Islam,“Tuturnya.

“Terimah kasih saya ucapkan kepada seluruh panitia dan semua yang terlibat dalam kegiatan ini. semoga atas dukungan dan apresiasinya, kedepan Lamongan selalu sejahtera, berkeadilan, berdaya saing, dan menjadi yang terbaik di Indonesia,’’ Imbuhnya. (Ans)